LP3M Wujudkan Peningkatan Kualitas Dosen Melalui Pelatihan ALIHE

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 Juli 2018 . 09:44:44

 

GORONTALO – Mewujudkan proses pendidikan yang berkualitas kepada mahasiswa, menjadi salah satu perhatian yang ingin berupaya direalisasikan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3m) Universitas Negeri Gorontalo. Untuk mewujudkannya, LP3M kembali menggembleng secara intensif bagi Dosen melalui Pelatihan Active Learning in Higher Education (ALIHE), Selasa (3/7), di Ballroom Megazanur Hotel.

Ketua LP3M UNG Prof. Abdul Kadim Masaong, M.Pd, mengungkapkan, pelatihan ALIHE sebagai lanjutan dari penguatan kompetensi Dosen, setelah mengikuti pelatihan Peningkatan Ketrampilan dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan APPLIED Approach (AA). Dimana fokus pelatihan kali ini adalah untuk melakukan penyegaran kembali model pendidikan dan pembelajaran di Perguruan Tinggi sesuai perkembangan saat ini.

“LP3M tentunya terus berkomitmen dalam peningkatan kualitas pendidikan, dengan memperkuat kualitas tenaga pendidik dalam melaksanakan tugasnya yang begitu berat dalam mentrasfer ilmu pengetahuan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Prof. Kadim memaparkan, secara umum tujuan pelatihan pekerti berbasis ALIHE adalah meningkatkan kompetensi profesional dosen di perguruan tinggi. Setelah menyelesaikan pelatihan ini, para dosen diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat perencanaan pembelajaran aktif, khususnya untuk mata kuliah yang diampu.

Menurut Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, peningkatan kualitas pendidikan melalui kompetensi profesional dosen sangat penting, untuk mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan yang terus mengalami berkembang pesat. Terlebih dengan status sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan (LPTK), UNG harus bisa selangkah lebih maju dalam kualitas pendidikan dan pembelajaran, dibandingkan dengan Perguruan Tinggi lainnya.

“Dalam pendidikan tidak hanya tergantung dari kurikulum semata, namun juga kualitas tenaga pendidika sangat berpengaruh. Untuk itu melalui pelatihan ini, kompetensi tenaga pendidik UNG dapat terus terjaga dan lebih berkembang lagi,” harapnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0