LP3M Gelar FGD Penyusunan Dokumen Pedoman Pelaksanaan Model Pembelajaran MKWK Berbasis Proyek

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 6 Oktober 2023 . 12:07:50

GORONTALO - Pusat MKWU dan MKPU LP3M UNG menyelenggarakan kegiatan FGD Penyusunan Dokumen Pedoman Pelaksanaan Model Pembelajaran MKWK Berbasis Proyek (5-6/10). Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan dokumen pedoman pelaksanaan model pembelajaran MKWK berbasis proyek.

Pelaksanaan MKWK ini diatur dalam Keputusan Dirjen Dikti Nomor 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi. Kegiatan FGD merupakan implementasi dari perolehan hibah Program Bantuan Pengembangan MKWK Pendidikan Tinggi Berbasis Proyek, dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh dosen pengampu MKWK di UNG (yang mencakup Mata Kuliah Agama, Bahasa Indonesia, Pancasila dan Kewarganegaraan).

Kepala Pusat dan Kepala Divisi di lingkungan LP3M ini dibuka oleh Ketua LP3M UNG Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd., Dalam sambutannya memberikan arahan terkait kebutuhan dokumen pedoman pelaksanaan model pembelajaran MKWK berbasis proyek. “Kegiatan ini selain untuk menghasilkan dokumen pedoman pelaksanaan model pembelajaran MKWK berbasis proyek juga diharapkan dosen pengampu merancang dan menghasilkan RPS MKWK berbasis proyek”, ujarnya.  

Dalam FGD ini membahas beberapa materi yaitu Urgensi dan Rasionalisasi Pelaksanaan MKWK Berbasis PjBL di Perguruan Tinggi oleh Dr. Epin Saepudin, M.Pd, materi Penyusunan RPS MKWK Berbasis PjBL oleh Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd dan materi Validasi RPS PjBL oleh Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd. Kegiatan yang dilaksanakan di Grand Zanur Hotel ini diakhiri dengan Overview penyusunan dokumen Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran MKWK Berbasis Proyek.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat MKWU dan MKPU LP3M Dr. Nurhayati Tine, M.Hi mengharapkan kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses, para peserta dapat memahami materi yang diberikan serta dapat menghasilkan dokumen pedoman dan RPS MKWK berbasis proyek. “Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, pada hari pertama ini, saat FGD kami menghadirkan narasumber nasional dari Universitas Pendidikan Indonesia yakni Dr. Epin Saepudin, M.Pd serta 2 Narasumber dari UNG yaitu Ketua LP3M UNG dan Staf Ahli Rektor Bidang Akademik.  Semoga materi yang dibahas mempermudah peserta menyusun dokumen pedoman pelaksanaan model pembelajaran MKWK berbasis proyek hingga menghasilkan RPS MKWK yang berbasis proyek pada besok (6/10) saat pendampingan penyusunan dokumen oleh Prof. Sayama dan Prof. Elya”, ujarnya.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0