LP3M Berikan Pelatihan Pelaksanaan PMS MBKM Batch 4 Secara Hybrid

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 12 September 2023 . 11:31:05

GORONTALO - Lembaga  Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) menggelar Coaching Terpusat secara hybrid, untuk 723 mahasiswa UNG yang akan mengikuti pelaksanaan PMS MBKM Batch 4, Senin (11/9). Kegiatan yang dipusatkan di lantai 4 rektorat UNG diikuti sebanyak 300 peserta secara luring dan diikuti sebanyak 423 peserta daring .

Kegiatan coaching terpusat ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis pelaksanaan program serta membekali pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan PMS MBKM di wilayah Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo dan wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut dari pendalaman materi/coaching yang telah dilakukan oleh pihak program studi/jurusan.

Ketua LP3M UNG, Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd., mengatakan bahwa PMS MBKM merupakan salah satu bentuk implementasi kebijakan MBKM yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

“Kami berharap seluruh peserta mengikuti dengan baik seluruh materi coaching ini, karena materi yang diberikan oleh para narasumber sangat bersentuhan dengan aktivitas kegiatan di sekolah. Program Mengajar di Sekolah ini merupakan program yang sangat strategis dan bermanfaat bagi mahasiswa, sekolah, dan masyarakat," ungkap Elya.

Melalui program PMS MBKM ini, mahasiswa dapat mengasah kompetensi sosial, kreativitas, kepemimpinan, dan kemampuan interpersonal lainnya melalui pengalaman selama kegiatan persekolahan. Sekolah dapat terbantu dalam berbagai aktivitas, seperti ketambahan tenaga pengajar dan peningkatan kualitas pembelajaran literasi dan numerasi.

Dalam coaching PMS Batch 4 ini, peserta dibekali 7 materi yaitu Kebijakan Perguruan Tinggi UNG tentang Belajar di Luar Kampus (materi 1), Pengembangan Pendidikan dan Tata Kelola Mengajar di Sekolah MBKM (materi 2), Teknis Penulisan Artikel Kegiatan PMS (materi 3), Pembuatan Website dan QR Code (materi 4), Sistem Pembimbingan Mahasiswa Mengajar di Sekolah (materi 5), Sistem Penilaian Kegiatan Mengajar di Sekolah (materi 6) dan Cara Penggunaan Aplikasi Mengajar di Sekolah (materi 7). (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0