Lewat Program KKN MBKM, Mahasiswa Kembangkan Potensi UMK Desa Lonuo

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 5 Juli 2022 . 12:24:38

GORONTALO – Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) MBKM berhasil mengembangkan potensi masyarakat di Desa Lonuo. Dalam program pengembangan potensi UMK Desa berbasis bahan pangan lokal yakni pohon nira, mahasiswa berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui inovasi produk sirup aren dan nata pi nata dari air nira.

Program yang dilaksanakan selama 4 bulan tersebut berfokus pada pembuatan bioetanol dari air nira, pembuatan handsanitizer dari air nira, pembuatan kurma dari kolang kaling, pembuatan nata pi nata dari air nira dan pembuatan sirup aren.

Menurut koordinator Desa  Moh. Izwarto Piyohu produk yang dihasilkan dari air nira merupakan salah satu komponen utama dan penting, dalam mengembangkan usaha untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Produk yang kami buat dapat dijadikan sebagai produk yang telah dipasarkan, sehingga memunculkan ide, inovasi dan kreasi untuk kedepannya,” ungkapnya.

Kepala Desa Lonuo Sahrun Yasin, SE,I, mengaku program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa mampu memberikan manfaat besar bagi masyarakat desa khususnya meningkatkan sektor perekonomian melalui inovasi produk usaha.

“Tentunya masyarakat juga sangat antusias untuk berpartisipasi dalan program yang digagas oleh mahasiswa UNG,” terangnya.

Sementara itu Wiwin Rewini Kunusa, S.Pd, M.Pd, selaku dosen pembimbing lapangan mengatakan, melalui program KKN MBKM diharapkan mahasiswa dapat menjalankan perannya dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Lonuo. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0