Lewat Penulisan Kembali Naskah Meraji, UNG Hendak Perkenalkan Lokalitas Islam Gorontalo ke Pentas Dunia

Oleh: Rachmad Hidayah . 14 Februari 2022 . 19:32:03

Sumber : Liputan6.com

Para perwakilan pelantun tradisi Me’raji Gorontalo dari setiap kabupaten/kota di Gorontalo berkumpul di Universitas Negeri Gorontalo pada Sabtu (12/2), dalam rangka Focus Group Discussion (FGD) bertema “Lokalitas Islam Gorontalo: Revitalisasi Naskah Me’raji sebagai Bentuk Inovasi Kebudayaan Gorontalo”.

Penulisan kembali naskah Me’raji ini menjadi salah satu agenda fokus yang didorong oleh Pusat Inovasi UNG tahun ini yang disambut dengan begitu hangat oleh Dr. Eduart Wolok, S.T., M.T., IPM.

Bagi Eduart, perguruan tinggi memiliki andil dalam menggali khazanah lokalitas Gorontalo yang sudah ada, menelitinya, hingga mengonservasinya. Apalagi menurutnya, ada banyak pelantun tradisi Me’raji yang hanya bermodalkan kitab copy-an, lusuh dan tua. Padahal, para pelantun ini sedang membacakan kisah-kisah Nabi Muhammad SAW yang mulia.

Selain itu, Eduart yang juga diamanatkan sebagai Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Gorontalo ini menyatakan bahwa upaya awal ini merupakan komitmen kita bersama terhadap rekognisi ciri khas Islam Gorontalo.

“Islam itu sifatnya shahih dalam setiap zaman dan waktu, sehingga, manakala ia berjumpa dengan lokalitas masyarakat setempat, Islam akan menjadi ruh dari setiap tradisi masyarakat yang salah satunya melahirkan Naskah Me’raji Gorontalo”, pungkasnya.

Tidak tanggung-tanggung, Eduart bahkan berharap agar agenda yang mulia ini tidak hanya berakhir pada penulisan kembali, melainkan juga pada konferensi internasional yang akan diselenggarakan oleh UNG dengan mengundang para filolog kenamaan dunia untuk ikut mengenalkan dan mengkaji naskah Me'raji Gorontalo.

Selain itu, UNG juga berkomitmen agar Naskah Me’raji Gorontalo dapat menjadi salah satu Pokok Pikiran Kebudayaan Gorontalo lewat UU No. 5 Tahun 2017 demi mengonservasi dan mendapat perhatian dari pemerintah.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0