Kualitas Pengelolaan Arsip UNG Terus Didorong Agar Lebih Optimal

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 Mei 2018 . 11:45:11

 

GORONTALO – Penguatan peran kearsipan tengah gencari dilakukan Universitas Negeri Gorontalo dalam mewujudkan pengelolaan arsip yang baik dan berkualitas. Upaya perbaikan pengelolaan arsip tersebut, diwujudkan dengan akan diterapkannya Sistem Informasi Kerasipan Dinamis (SIKD) di lingkungan UNG.

Untuk memaksimalkan pemanfaatan sistem kearsipan tersebut, UPT. Kerasipan UNG berinisiatif melakukan Bimbingan Teknis Implementasi Sistem Informasi Kerasipan Dinamis (SIKD) bagi seluruh tenaga kependidikan UNG, Senin (30/4).

Menurut Kepala UPT. Kearsipan UNG Dra. Masita Kadir, M.Pd, Sistem Informasi Kerasipan Dinamis merupakan salah satu inovasi dalam proses pengeloaan arsip UNG, dengan memanfaatkan sistem berbasis online. “Sistem Informasi Kerasipan Dinamis (SIKD) menjadi salah satu terobosan untuk lebih memaksimalkan pengelolaan arsip di UNG. Sehingga kedepan dalam pemanfaatan data arsip akan lebih efisien,” ungkap Masita.

Melalui pelaksanaan Bimtek kata Masita, UPT. Kearsipan ingin lebih meningkatkan pemahaman Tenaga Kependidikan akan pentingnya dokumen arsip serta menjamin keselamatannya sebagai sebuah aset institusi. “Sekaligus memperbaiki kualitas penataan, pengelolaan arsi secara internal melalui pemanfaatan aplikasi berbasis online tersebut,” ujar Masita.

Sementara itu Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengapresiasi langkah UPT. Kearsipan, yang terus berinisiatif meningkatkan kualitas pelayanan kerarsipan lebih modern melalui pemanfataan teknologi informasi. Menurut Rektor pada perkembangan zaman seperti saat ini, Kearsipan harus mampu berkembang dalam memaksimalkan perannya, melalui pengelolaan data arsip secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Lebih lanjut dikatakan Rektor, Kearsipan merupakan bagian penting dari sebuah institusi khususnya Perguruan Tinggi. Karena pentingnya keberadaan Kearsipan, pengelolaannya pun harus lebih moderen khususnya berbasis digital tidak lagi berbentuk kertas.

“Dengan memanfaatkan teknologi melalui Sistem Informasi Kerasipan Dinamis, diharapkan kualitas pengelolaan arsip di UNG akan semakin aman dan optimal, serta lebih efektif dan efisien,” harap Rektor. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0