Kolaborasi KKN UNG-UGM Lakukan Aksi Bersih-Bersih Pantai

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 3 Agustus 2023 . 14:20:46

GORONTALO – Mahasiswa yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) kolaborasi UNG – UGM, berinisiatif melaksanakan aksi bersih-bersih sampah yang ada di lingkungan pantai. Dengan menggandeng serta masyarakat setempat, melakukan aksinya ditiga titik yaitu desa Olimoo’o, Desa Lamu, dan Desa Tontayuo yang berada di wilayah Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo.

Dari aksi tersebut ratusan karung sampah berhasil dikumpulkan lewat aksi peduli pesisir, untuk kemudian diangkut oleh truk Dinas Lingkungan Hidup untuk selanjutnya dibawa ke Tempat Pengelolaan Akhir.

Mahasiswa KKN UNG Ricca Aditya mengungkapkan, aksi peduli pesisir ini merupakan gerakan bersih-bersih pantai yang menjadi bagian dari program kerja KKN kolaboratis UNG-UGM. Lewat aksi ini diharapkan menjadi langkah awal, untuk bisa menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan pesisir.

“Sejak awal kedatangan kami di lokasi KKN, sebagian besar masyarakat menjadikan pinggiran pantai sebagai tempat pembuangan sampah dan hal itu dinormalisasikan oleh masyarakat sekitar. Jika dilihat lagi sebenarnya permasalahan ini timbul karena kurangnya fasilitas TPS dan TPA yang ada di desa,” ujar Ricca.

Menurutnya persoalan ini sebenarnya bisa diatasi apabila masyarakat dan pemerintah sama-sama bersinergi untuk serius menangani permasalahan tersebut. Ia berharap dengan antusias yang besar dari masyarakat, kedepannya mampu memberikan dampak yang baik terhadap kebersihan lingkungan yang ada di desa. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0