KKN Kolaboratif UGM-UNG Sukses Luncurkan Masterplan Desa Tontayuo

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 12 Agustus 2023 . 16:48:58

GORONTALO – Mahasiswa UNG dan UGM bersinergi menyelesaikan program kerjanya untuk membangun desa tontayuo menjadi desa yang maju. Salah satu program kerja dan menjadi program inti pada KKN Kolaborasi tahun ini adalah Masterplan Desa. Dalam pengembangan desa, masterplan digunakan sebagai acuan untuk mempersiapkan ruang desa sesuai dengan fungsinya sekaligus menjadi rencana induk pembangunan kawasan jangka panjang yang berorientasi membangun desa mandiri dan berdaya. 

Dengan melihat potensi yang dimiliki oleh desa Tontayuo, mahasiswa KKN-K UNG UGM membantu merancang pengembangan desa ini menjadi desa industri pariwisata berbasis potensi UMKM Makanan, Budaya, dan Kerajinan.

Potensi perikanan Desa Tontayuo yang melimpah dimanfaatkan mahasiswa untuk membantu masyarakat membangun UMKM makanan berbahan dasar Ikan. Frozen Food Nuget dan Bakso Ikan merupakan produk yang baru secara konsep. Bahan dasar pembuatan nuget ikan dan bakso ikan menggunakan ikan Tuna dan Cakalang yang dapat dengan mudah ditemukan di desa tontayuo. Sehingga, nugget ikan dan bakso ikan yang dikemas dengan menggunakan konsep frozen food menjadi sebuah terobosan baru untuk pengolahan ikan Tuna dan Cakalang.

Sementara itu, melimpahnya komoditas kelapa dari desa ini membuat banyak warga untuk mengolah batok kelapa menjadi briket arang. Briket arang memiliki nilai jual yang tinggi apabila dikemas dan dikelola sesuai dengan standardnya.

Selain potensi dari perikanan dan perkebunan, terdapat kerajinan khas Gorontalo yaitu Kain Karawo yang dibuat langsung oleh masyarakat tontayuo. Kerajinan ini banyak digandrungi oleh ibu-ibu desa tontayuo, sehingga memiliki potensi yang besar dalam mendukung ekonomi masyarakat. Selain pengrajin karawo, terdapat kerajinan amongo atau tikar yang berasal dari daun lomuli.

Semua potensi yang ada pada desa Tontayuo ini telah dirancang oleh mahasiswa KKN-K UNG UGM melalui Masterplan yang akan dilanjut oleh pemerintah desa.

Terdapat beragam budaya dan tradisi yang masih murni di desa ini membuat mahasiswa juga turut membantu melestarikan, dengan mengadakan kegiatan seni dan budaya berupa festival Tontayuo Fest. Kegiatan menyajikan beragam lomba mulai dari tari daerah, lomba masak, lomba vokalia, lomba qasidah, lomba estafet karet, lomba estafet balon gelas, lomba balon berdendang, lomba tangkap bebek, dan lomba lari karung.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0