Kerjasama Utara-Utara Akan Kembangkan Sektor Perikanan dan Kelautan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 28 Maret 2018 . 10:23:00

 

GORONTALO – Program kerjasama utara-utara yang dipelopori UNG dengan melibatkan 4 kabupaten yakni Kab. Gorontalo Utara, Kab. Buol, Kab. Bolaang Mongondow Utara dan Kab. Bone Bolango, mulai melakukan pengembangan program kerja dalam mewujudkan daerah yang unggul dalam berbagai sektor.

Setelah sebelumnya fokus dalam pengembangan Sapi Potong, ditahun 2018 ini seluruh derah yang tergabung Badan Kerjasama Utara-Utara (BKSU) mulai mengembangkan program pengembangan pada sektor perikanan dan kelautan. Pengembangan program tersebut dibahas dalam rapat penyelarasan program kerja BKSU, Selasa (27/3), diruang Rapat Rektorat UNG.

Sekretaris Jenderal BKSU Dr. Fachrudin Zain Olilingo, M.Si, mengungkapkan, hasil pertemuan antara UNG dengan Perwakilan 4 Daerah BKSU akan mulai mengekplorasi potensi bidang perikanan dan kelautan. Salah satu komoditi perikanan yang akan fokus dikembangkan adalah pembudidayaan Udang Vaname.

Menurut Fachrudin dipilihnya Udang Vaname sebagai komoditi bidang perikanan yang akan dikembangan tidak lepas dari potensi daerah dalam pengembangan udang tersebut. Selain itu pengembagnan Udang Vaname juga merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Dukungan pangsa pasar yang terbuka luas, proses budidaya sekitar 4 bulan serta perolehan yang cukup menguntungkan petani juga menjadi pertimbangan pemilihan Udang Vaname,” ungkap Fachrudin.

Sebagai tindak lanjut dalam penetapan program pengembangan bidang perikanan dan kelautan tersebut, BKSU bersama UNG akan mulai fokus dalam pengembangan master plan budidaya Udang Vaname.

“Pengembangannya juga akan melibatkan PUM, serta membentuk tim taskforce melibatkan para ahli perikanan masing-masing daerah yang akan menyusun strategi dalam mencapai target produksi udang vaname,” terang pria yang bertugas sebagai Dosen pada Fakultas Ekonomi UNG.

Sementara itu Wakil Rektor UNG Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Prof. Dr. Hasanuddin Fatsah, M.Hum, mengatakan, UNG akan terus berupaya memfasilitasi dan mendorong BKSU dalam mengembangkan program diberbagai bidang. Karena sebagai salah satu inisiator kerjasama tersebut, UNG memiliki tanggung jawab dalam menyukseskan program kerjasama utara-utara. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0