Kembangkan Metode Pembelajaran PBL-TJ, Ketua DWP UNG Raih Gelar Doktor

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 24 Januari 2023 . 14:57:14

GORONTALO – Ketua Dharma Wanita Persatuan Universitas Negeri Gorontalo Dr. dr. Cecy Rahma Karim, Sp.GK, telah resmi menyandang gelar doktor bidang ilmu pendidikan IPA. Gelar tersebut diperoleh setelah berhasil melalui ujian terbuka disertasi promosi doktor dalam bidang pendidikan IPA pascasarjana UNG, Selasa (24/1).

Cecy yang merupakan dosen pada Fakultas Kedokteran UNG berhasil mempertahankan disertasi dengan judul, pengembangan model pembelajaran Problem Based Learning Ten Jump (PBL-TJ) pada pembelajaran sistem endoktrin di UNG. Dalam perjalanan akademiknya pada program doktor, Ia memperoleh indeks yudisium 3.97 predikat cumlaude.

Menurut Cecy disertasi pengembangan PBL-TJ dilakukan untuk menutupi kekurangan dari model pembelajaran sebelumnya. Dengan pembelajaran PBL-TJ maka model pembelajaran akan lebih mengarahkan mahasiswa mencapai hasil belajar baik, dengan betul-betul paham atas teori maupun praktek dalam mata kuliah yang dipelajari.

“Dengan model pembelajaran ini mahasiswa akan lebih kreatif dalam penggunaan teknologi pembelajaran, untuk hasil belajar yang bisa masuk dalam teknologi pembelajaran seperti paparan video dan bentuk publikasi lainnya,” jelasnya.

Sebagai metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, penggunaan metode pembelajaran PBL-TJ dapat digunakan oleh dosen khususnya di UNG dalam mendukung pencapaian indikator kinerja utama (IKU) khususnya IKU 7 yakni kelas yang kolaboratif dan partisipatif. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0