Jelang Akreditasi Internasional, FMIPA Matangkan Kesiapan Dokumen Akreditasi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 9 Juni 2022 . 17:14:23

GORONTALO –  Jajaran fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam mulai bergerak cepat dalam menyambut tahapan akreditasi internasional. Salah satu persiapan yang dilakukan yakni menyiapkan dokumen akreditasi internasional, dengan melaksanakan workshop mengenai penyusunan rencana Assesmen dan Evaluasi Berbasis Outcome Base  Education (OBE).

Dekan FMIPA Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si, menyampaikan bahwa workshop mengenai penyusunan rencana Assesmen dan Evaluasi Berbasis OBE merupakan persiapan penting untuk menyambut agenda akreditasi inernasional. Hal tersebut dikarenakan kurikulum berbasis OBE, akan menjadi persyaratan dalam akreditasi Internasional yang akan dilaksanakan untuk program studi yang ada di FMIPA.

“Karena penyusunan assesmen dan evaluasi ini sangat penting diharapkan kepada semua dosen untuk ikut membantu ketua jurusan, dalam mengumpulkan dan memberikan bukti Fisik untuk akreditasi Internasional,” imbau Astin.

Wakil rektor bidang akademik Dr. Harto Malik, M.Hum, saat membuka workshop mengatakan dosen harus memiliki Learning Management System (LMS), dimana LMS merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.

Dalam pelaksanaan perkuliahan dosen kata Harto menggunakan  hybrid learning,  yaitu metode pembelajaran yang menggabungkan sistem pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbasis online. Untuk proporsi pembelajaran dilaksanakan  tatap muka dan daring masing masing  lima puluh persen, kecuali mata kuliah tertentu yang harus dilaksanakan tatap muka secara penuh.

“Sehingga setiap dosen harus memetakan mata kuliah tatap muka dan mata kuliah daring. LMS tetap akan digunakan walaupun perkuliahan dilaksakanan secara tatap muka penuh, karena dalam sebuah LMS akan terlihat aktivitas dosen dan mahasiswa,” terang Harto.

Lebih lanjut dijelaskan Harto, FMIPA akan melakukan akreditasi internasional Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA). Akreditasi ini akan melihat aktivitas mahasiswa dan dosen di LMS dan assesmen lapangan juga akan dilihat di LMS. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0