Ingat! Berikut Materi Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes tahun 2023

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 30 Maret 2023 . 14:24:15

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) -  Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) merupakan salah satu tahapan penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi tahun 2023. UTBK-SNBT merupakan tahap seleksi berdasarkan tes masuk, dimana nilai tes dari hasil UTBK yang diikuti akan menjadi syarat mendaftar SNBT 2023.

Sebagai tahap seleksi berbasis tes akan terdiri dari tiga materi ujian yakni Tes Potensi Skolastik (TPS), literasi dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris serta penalaran matematika. Dalam materi TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.

Untuk materi literasi dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris akan mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Sedangkan penalaran matematika akan mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0