Ikbal: Lulusan Faperta Tidak Hanya Pandai Bertani

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 Februari 2016 . 14:31:26

 

GORONTALO – Dalam menempa pendidikan mahasiswa selama 4 tahun guna menempuh gelar sarjana, Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Negeri Gorontalo tidak hanya fokus pada pendidikan akademik sesuai dengan bidang keilmuan yang ditekuni. Namun juga dibarengi dengan pembekalan kemampuanya lain, khususnya berkaitan dengan pengembangan soft skill sebagai modal tambahan.

“Jangan dikira saat ini lulusan mahasiswa Fakultas Pertanian UNG hanya pandai memacul, bertani dan beternak. Lulusan Faperta juga dapat terpakai dibidang pekerjaan lainnya, karena selama dibangku kuliah, kami tidak hanya fokus mengasah kemampuan keilmuan yang ditekuni, namun juga pengetahuan lainnya,” ungkap Dekan Fakultas Pertanian UNG Dr. Muhammad Ikbal Bahua, SP, M.Si, saat memberikan sambutan dihadapan calon wisudawan Faperta periode Februari 2016, Selasa (2/2).

Lebih lanjut dijelaskan Ikbal, selama 4 tahun kuliah mahasiswa di lingkungnya senantiasa dibekali dengan pengetahuan serta kemampuan yang menunjang kreatifitas mahasiswa, melalui kegiatan ekstrakurikuler maupun melalui kegiatan organisasi kemahasiswaan.

Selain itu juga, pengembangan soft skill khususnya dibidang kewirausahaan juga menjadi prioritas pembinaan selama kuliah. Program ini kata Ikbal, sejalan dengan pengembangan 4 pilar pengembangan UNG yang salah satunya focus pada Soft skill wirausaha mahasiswa.

“Jadi jangan heran ketika lulus nanti, lulusan Faperta tidak hanya berkecimpung dengan dunia pertanian maupun peternakah semata. Sebagian lulusan bahkan terpakai disejumlah perusahaan swasta bahkan juga terpakai di perusahaan perbankan,” terang Ikbal.

Kendati lulusan Faperta dapat terpakai diberbagai bidang pekerjaan, Ikbal meminta kepada para lulusan tidak melupakan bidang pengetahuan yang pernah digeluti selama dibangku kuliah, untuk dapat diamalkan dimasyarakat. Karena salah satu tujuan utama dibentuknya Fakultas ini untuk melahirkan generasi penerus bangsa yang mampu melanjutkan program pembangunan pertanian.

“Silahkan kalian bergelut dengan bidang pekerjaan yang anda senangi, tapi jangan lupa amalkan pengetahuan yang kalian miliki. Pengetahuan tersebut akan sangat penting untuk kelangsungan bangsa ini, karena tanpa pertanian, perikanan dan peternakan, bangsa ini tidak akan bisa berbuat apa-apa,” tandas Ikbal. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0