HMPS Matematika Gelar Gerakan Matematika Sehat

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 3 November 2023 . 11:32:01

GORONTALO - Menjelang akhir tahun di bulan Desember 2023 Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Matematika menyelenggarakan kegiatan bertajuk ”Gerakan Matematika Sehat”. Kegiatan yang mengambil tema ”Matematika Bergerak Melalui Tindakan Kecil Yang Berdampak Besar untuk Sesama” antara lain diisi dengan penyuluhan kesehatan oleh Dr. Nur’ain Hidiya dari RSU Toto Kabila sekaligus sebagai tebaga kesehatan di UTD Bone Bolango. Beliau memaparkan tentang HIV dan AIDS. Kegiatan yang menyita antusias mahasiswa Jurusan Matematika ini dilanjutkan dengan donor darah oleh warga SIGMA matematika yang mendapat dukungan sepenuhnya dari pihak Unit Transfusi Darah (UTD) Kabupaten Bone Bolango.

Dalam penjelasannya Dr. Nur’ain Hidiyah pada intinya mengatakan bahwa Penyakit HIV disebabkan oleh human immunodeficiency virus atau HIV, yakni virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel tubuh. Jika makin banyak sel yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit. HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (acquired immunodeficiency syndrome). AIDS adalah stadium akhir dari infeksi HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya. Menurut catatan kementerian kesehatan kelompok usia 20-24 adalah kelompok kedua terbanyak pengidap penyakit ini. Oleh karena itu terus menerus senantiasa disosialisasikan kepada kelompok remaja khususnya mahasiswa terhadap bahayanya penyakit ini melalui sejumlah upaya penanggulangan seperti promosi kesehatan, pencegahan, penemuan kasus, dan penanganan kasus.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kampus 4 Universitas Negeri Gorontalo, Bone Bolango pada Sabtu, 2 Desember 2023. Dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Matematika Dr. Tedy Machmud  M.Pd. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan dan kepedulian mahasiswa pada sesama melalui kegiatan donor darah. 

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0