Himpunan Mahasiswa Farmasi UNG Lestarikan Tanaman Obat Keluarga di Kelurahan Hutuo

Oleh: Rachmad Hidayah . 4 Oktober 2023 . 16:15:42

Gorontalo - Tanaman Obat Keluarga saat ini kurang dibudidayakan karena digantikan oleh tanaman hias. Hal tersebut melatarbelakangi Himpunan Mahasiswa Farmasi UNG untuk melestarikan dan mengembangkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sebagai herbal berbasis potensi lokal untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kelurahan Hutuo, Kabupaten Gorontalo.

Ketua Tim Pelestarian dan Pengembangan TOGA Sebagai Herbal Berbasis Potensi Lokal Nabilah Aulia Ibrahim mengatakan bahwa program tersebut merupakan Program Penguatan Kapasitas Ormawa yang bertujuan untuk pelestarian dan pemanfaatan TOGA untuk menghasilkan produk herbal unggulan Kelurahan Hutuo dengan pemanfaatan potensi lokal sehingga tercipta peningkatan derajat kesehatan dan ekonomi masyarakat dan peningkatan kapasitas Ormawa melalui tim pengusul. 

“Indikator keberhasilan pada program ini adalah tersusunnya peta potensi TOGA sebagai herbal untuk preventif kuratif, dan promotive kesehatan, adanya Kampung Konservasi TOGA, tersusunnya kelompok-kelompok pengembangan TOGA di tiap lingkungan Kelurahan Hutuo, adanya Biodiversitas TOGA di Kelurahan Hutuo, terciptanya produk herbal dari pemanfaatan TOGA sebagai produk unggulan Kelurahan Hutuo,” jelasnya.

Selain itu, adanya cafe herbal di Kelurahan Hutuo, terbentuknya Kampung Wisata Herbal dari pemanfaatan dan pengolahan TOGA di Kelurahan Hutuo, peningkatan kompetensi mahasiswa pelaksana PPK Ormawa, dan peningkatan kapasitas organisasi kemahasiswaan.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0