Hasil Penelitian Alumni Pascasarjana Bahasa Inggris Didiseminasikan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 29 Februari 2016 . 08:09:40

 

GORONTALO – Program Studi (Prodi) S2 Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo melakukan diseminasi hasil penelitian dari para alumni, Sabtu (27/2). Diseminasi kali ini mempresentasikan 5 hasil penelitian alumni dihadapan para mahasiswa S1 dan S2 Pendidikan Bahasa Inggris.

Ketua Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris Dr. Rasuna Rasid Talib, M.Hum, mengatakan, diseminasi merupakan bagian dari rangkaian kegiatan seminar terkait strategi pengembangan sumber daya manusia. Dimana pada kesempatan ini 5 alumni jurusan S2 Pendidikan Bahasa Inggris diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitian yang telah mereka lakukan dihadapan public.

Diseminasi ini kata Rasuna, sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang saat ini tengah melanjutkan studi S1 maupun S2, karena dapat memberikan pemahaman baru serta menginspirasi mahasiswa dalam melakukan penelitian serta penulisan skripsi dan tesis, ataupun dalam melakukan penelitian lanjutan.

Dijelaskan Rasuna, hasil penelitian alumni tentunya juga berdampak signifikan bagi para pemangku kebijakan. Karena topic yang dipaparkan pada diseminasi ini, erat kaitannya dengan permasalahan pendidikan dan pengajaran yang berperan penting dalam peningkatan kualitas SDM.

“Melalui diseminasi ini juga memberikan pemahaman terkait plagiarism serta peningkatan pemahaman sosiolinguistik terhadap penggunaan bahasa dalam interaksi sosial dimasyarakat,” terang Rasuna.

Sementara itu, salah satu alumni yang mempresentasikan hasil penelitiannya Sri Hariyanti Sabiku mengapresiasi langkah Prodi dalam mendiseminasikan hasil penelitian para alumninya. Menurutnya, kesempatan ini merupakan momentum penting bagi alumni dalam menyiarkan secara langsung hasil penelitiannya, sehingga dapat lebih mengeksplorasi pengetahuan mahasiswa lain terkait penelitian tersebut.

“Siapa tahu setelah diseminasi hasil penelitian ini, ada mahasiwa yang berinisiatif untuk mengembangkan penelitian yan telah dilakukan para alumni. Sehingga penelitian ini dapat lebih berkembang lagi dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Pada diseminasi kali ini, Sri Hariyanti Sabiku memaparkan penelitian terkait Strategi dan tantangan dalam pengajaran bahasa inggris kepada anak-anak berkebutuhan khusus. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0