Giliran Prodi MP Sukses Torehkan Akreditasi A

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 7 April 2016 . 09:43:13

 

GORONTALO – Target akreditasi Program Studi (Prodi) yakni minimal setiap Faukultas diharuskan terdapat 1 Prodi yang berakreditasi A mulai menunjukkan hasil membanggakan. Setelah sebelumnya Prodi Pendidikan Kimia pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengerahuan Alam (FMIPA) berhasil menorahkan keberhasilan dengan meraih Akreditasi A, kali ini Prodi Manajemen Pendidikan (MP) pada Fakultas Ilmu Pendidikan juga mampu menorahkan capaian yang sama dengan sukses meraih akreditasi A.

“Alhamdulillah Prodi MP sukses menjadi Prodi ke 2 di UNG yang berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih akreditasi A dengan jumah nilai 364,” ungkap Ketua Jurusan Manajemen Pendidikan Dr. Arifin Suking, S.Pd, M.Pd, saat diwawancarai, Rabu (6/4) kemarin.

Lebih lanjut dikatakan Arifin, perjalanan memperjuangkan akreditasi A tersebut bukanlah hal mudah, bahkan dalam menyongsong reakreditasi, Prodi MP telah melakukan persiapan sejak 2 tahun lalu. Selain itu, capaian ini tidak lepas dari dukungan dan kekompakan seluruh eleman Fakultas dan Universitas, khususnya civitas akademika Prodi MP.

“Ini merupakan buah keberhasilan dari seluruh pihak, terutama jajaran Prodi MP yang bahu-membahu dengan penuh kerja keras dalam akreditasi mulai dari penyiapan borang hingga visitasi oleh assessor,” terang Arifin.

Sementara itu, Dekan FIP Dr. Wenny Hulukati, M.Pd, turut mengapresiasi capaian yang sukses ditorehkan Prodi MP. Menurut Weny, Prodi MP merupakan salah satu Prodi yang memang ditargetkan oleh FIP untuk meraih akreditasi A. Sehingga tidak heran hasil yang diperoleh sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelumnya.

Terlebih pada Prodi MP sendiri memang miliki kualitas untuk terakreditasi A, dengan dosen yang dimiliki hampir seluruhnya telah bergelar Doktor. Bahkan para dosen terus digenjot dalam kegiatan peneitian dan pengabdian masyrakat, serta turut berpartisipasi aktif dalam memasukan jurnal ilmiah terutama ditingkat internasional.

“Selama 2 kali reakreditasi sebelumnya, Prodi MP selalu memperoleh akreditasi B gemuk, sehingga dengan peningkatan yang terus dilakukan capaian ini tidaklah meragukan dan sangat layak diperoleh,”ujar Wenny.

Dengan suksesnya Prodi MP meraih akreditasi A kata Wenny, maka FIP telah berhasil memenuhi capaian yang ditargetkan Rektor UNG, dimana disetiap Fakultas minimal 1 Prodi harus berakreditasi A dan tanpa ada lagi yang berakreditasi C.

“Pada rekareditasi diakhir tahun 2015 kemarin, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Prodi Bimbingan Komseling (BK), Prodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) dan Prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mampu meraih akreditasi B. Sehingga kami sangat bersyukur karena telah memenuhi ekspektasi dari pimpinan Universitas,” pungkas Wenny. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0