Genjot Penelitian, LP2M Siapkan Rencana Stategis

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 22 April 2016 . 08:23:00

 

GORONTALO – Kegiatan penelitian merupakan salah satu kewajiban dari Universitas, yang tercantum dalam tridarma perguruan tinggi. Dan untuk menggenjot aktifitas serta kualitas penelitian dosen di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) telah menyiapkan sejumlah rencana strategis.

“Rencana strategis tersebut kami tuangkan dalam rencana induk penelitian, diantaranya dengan menentukan tema riset unggulan dibidang kependudukan dan lingkungan hidup, potensi lokal budaya dan inovasi, pendidikan dan gender, pemberdayaan masyarakat, serta kebijakan dan anti korupsi,” ungkap Ketua LP2M Prof. Dr. Fenty Puluhulawa, SH, M.Hum, disela-sela kegiatan pelatihan penggunaan simlitabmas, launching online jurnal sistem, serta penandatanganan surat perjanjian penugasan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun 2016, Kamis (21/4).

Dengan demikian kata Prof. Fenty, seluruh dosen yang akan melakukan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT) akan mengacu pada tema riset yang telah ditentukan berdasarkan Visi UNG. Sehingga kedepannya para dosen memiliki road map penelitian yang tidak lari dari Visi tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan Prof. Fenty, salah satu strategi lainnya yang akan dilakukan adalah melakukan pendampingan kepada dosen dalam manuskrip jurnal internasional, serta penguatan jurnal lintas Fakultas. Selanjutnya melakukan penguatan kapasitas bagi dosen dalam pembuatan buku ajar berbasis riset.

“Kami juga akan memfasilitasi dosen dalam melakukan pendaftaran hak cipta riset, sehingga publikasi yang dilakukan memiliki Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI),” jelas Prof. Fenty.

Sementara itu, Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, dalam kesempatan tersebut melemparkan pujian kepada LP2M atas melonjaknya jumlah penelitian dosen yang lolos proposal penelitian yakni sebanyak 106 judul, dimana jumlah tersebut mengalami peningkatan 50% lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

Capaian ini kata Rektor, tentunya tidak lepas dari dukungan LP2M kepada dosen dalam melakukan penelitian dan pengabdian masyarkat. Sehingga diharapkan, dengan adanya rencana strategis yang telah ditetapkan, jumlah penelitian dan pengabdian masyarakat dapat meningkat signifikan ditahun selajutnya.

“106 judul penelitian merupakan jumlah penelitian terbanyak yang berhasil dicapai. Dan saya berharap dengan program-program strategis dari LP2M, jumlah penelitian ini dapat lebih meningkat lagi ditahun mendatang,” harap Prof. Syamsu. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0