Gelar MTQ, UNG Jaring Mahasiswa Berprestasi Dibidang Tilawah Al-Qur'an

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 April 2021 . 08:02:12

 

GORONTALO - Dalam menjaring Mahasiswa dengan prestasi di bidang tilawah Al-Qur'an, Universitas Negeri Gorontalo melaksanakan kompetisi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), Kamis (1/4),. Ajang seleksi Mahasiswa berprestasi mempertemukan perwakilan dari seluruh Fakultas yang ada di UNG.

Menurut Ketua Panitia Djafar Lantoa, M.Pd menjelaskan, ajang MTQ tingkat Universitas akan menyeleksi Mahasiswa terbaik dalam 15 cabang lomba MTQ. Proses seleksi dilakukan dengan berdasarkan penilaian juri yang kompeten di bidang Tilawatil Quran, untuk mencari Mahasiswa terbaik yang akan mewakili UNG.

"Proses seleksi akan mencari Mahasiswa dengan pontensi bidang tilawah Al-Qur'an. Nantinya yang terbaik dalam 15 cabang lomba akan mewakili UNG pada ajang MTQ tingkat Nasional," ujar Djafar.

Bagi Mahasiswa terbaik yang terpilih menjadi wakil UNG, nantinya akan mengikuti pemusatan latihan untuk menggembleng dan mempermantap kemampuan serta persiapan menuju MTQ tingkat Nasional.

"Target kita adalah prestasi pada MTQ Nasional, olehnya persiapan akan dilakukan semaksimal mungkin agar peluang mencetak prestasi bisa diperoleh," terang Djafar.

Sementara itu Rektor UNG Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T, M.T, minta peserta MTQ tingkat Universitas dapat saling bersaing secara sportif, dengan menampilkan kemampuan terbaik dihadapan para juri.

"Tunjukkan kemampuan terbaik kalian untuk memukau para Juri. Tunjukkan Mahasiswa UNG bisa berprestasi dibidang Tilawah Al-Qur'an," kata Eduart.

Eduart berharap dalam ajang MTQ ini dapat menyeleksi Mahasiswa terbaik yang memiliki potensi mengantarkan prestasi bagi UNG.

"Prestasi Mahasiswa merupakan salah satu penilaian eksistensi Perguruan Tinggi. Bersar harapan Mahasiswa yang menjadi wakil UNG dapat menghadirkan prestasi membanggakan pada MTQ tingkat Nasional nanti," harapnya.

Adapun 15 cabang lomba yang dikompetisikan diantaranya, Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Tartil Quran, Musabaqah Qira’at Quran, Musabaqah Hifdzil Quran 5 Juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz, Musabaqah Khattil Quran, Musabaqah Fahmil Quran, Musabaqah Syarhil Quran, Musabaqah karya tulis ilmiah kandungan Al-Quran, Musabaqah debat ilmiah kandungan Al-Quran dalam bahasa arab, Musabaqah debat ilmiah kandungan Al-Quran dalam bahasa inggris, Musabaqah desain aplikasi computer Al-Quran serta Musabaqah pembacaan kitab maulid Nabi Muhammad SAW. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0