FMIPA Ajukan Banding Akreditasi Prodi Fisika dan Biologi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 16 April 2016 . 10:22:00

 

GORONTALO – Pada agenda reakreditasi Program Studi (Prodi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) beberapa waktu lalu, 2 Prodi yakni Prodi Fisika dan Biologi berhasil memperoleh akreditasi B “gemuk”. Akan tetapi, capaian B “gemuk” tersebut justru membuat civitas akademika FMIPA belum puas. Olehnya dalam waktu dekat, FMIPA akan mengajukan banding akreditasi terkait hasil yang diperoleh kedua Prodi tersebut ke Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Pada reakreditasi kemarin, Prodi Fisika memperoleh nilai akreditasi 356 dan Biologi meraih nilai akreditasi 354, dan keduanya hanya terpaut tipis untuk meraih nilai akreditasi A yakni 361. Atas hasil tersebut, kami akan melakukan banding akreditasi ke BAN_PT,” ungkap Dekan FMIPA Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, saat diwawancarai, Jumat (15/4) di ruang kerjanya.

Pengajuan banding kata Prof. Evi, dibolehkan oleh BAN-PT jika akreditasi yang diperoleh Prodi tersebut hanya terpaut tipis dari standar nilai akreditasi A yakni 361. Dan mekanisme pengajuan banding akreditasi dengan mengajukan materi banding akreditasi Prodi ke BAN-PT.

“Untuk persiapan banding, dalam beberapa hari terakhir pimpinan Fakultas bersama Ketua Jurusan dan Ketua Prodi serta tim penyusun borang telah menyusun materi banding. Dan dalam waktu dekat, materi banding tersebut akan kita segera dikirim,” terang Prof. Evi.

Lebih lanjut dijelaskan Prof. Evi, capaian B “gemuk” tersebut tidak sesuai target yang diinginkan Fakultas. Karena memang kedua prodi tersebut sebelumnya ditargetkan oleh FMIPA untuk memperoleh akreditasi A.

Ditargetkannya akreditasi A kepada kedua Prodi tersebut dikarenakan, selain pada akreditasi sebelumnya telah memperoleh B, banyak sekali kemajuan pesat yang dialami oleh Prodi tersebut selama beberapa tahun terakhir, baik itu meliputi aktifitas penelitian, pengabdian masyarakat, prestasi mahasiswa, sarana dan prasarana penunjang aktifitas perkuliahan, serta peningkatan kualitas SDM untuk tenaga pendidik.

“Insya Allah materi banding yang kita ajukan bisa diterima oleh BAN-PT, dan kedua Prodi tersebut bisa memenuhi target akreditasi A seperti yang telah kita cita-citakan bersama,” harap Prov. Evi. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0