Dukung Visi Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian 2035

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 12 Januari 2016 . 10:28:00

ITK Maksimalkan Student Progressive Program

 

 

GORONTALO – Mewujudkan eksistensi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian (ITK) guna menyongsong visi Jurusan yakni, terwujudnya program studi geografi yang unggul dan inovatif di kawasan Asia Tenggara tahun 2035, Jurusan ITK menerapkan sejumlah program unggulan jurusan yakni Student Progressive Program.

“Student Progressive Program merupakan program yang menaungi 7 kegiatan unggulan jurusan yakni, The Matoduwolo, Convergent Day, Open Practice, Sketch on The Road, Friday Mubarak, English and Hulonthalo Ngongohui dan Fermat Effect,” ungkap Ketua Jurusan ITK Dr. Sunarty Eraku, S.Pd, M.Pd,.

Dijelaskan Sunarty, The Matoduwolo merupakan program pelayanan yang diberikan laboratorium teknik geologi dan laboratorium geografi kepada civitas akademika UNG maupun masyarakat umum yang ingin mengetahui informasi terkait geologi/geografi.

Untuk Convergent Day kata Sunarty, adalah kegiatan presentasi hasil penelitian atau literature review dalam berbahasan inggris pada tiap semester.

“Selain itu ada juga kegiatan Open Practice yakni kuliah praktek oleh praktisi dan perusahaan atau instansi yang bergerak dibidang kebumian, serta kegiatan Sketch on The Road merupakan peningkatan kemajuan dalam bidang teknik lapangan geologi/geografi,” ujarnya.

 

 

Lebih lanjut dijelaskan Sunarti, dalam Student Progressive Program tidak hanya fokus pada kegiatan pengembangan kemampuan akademik semata. Namun juga dibarengi dengan kegiatan peningkatan kecerdasan spiritual melalui kegiatan Friday Mubarak, dengan berpakaian muslim setiap jumat, tilawah Al-Qur’an, kajian keislaman setiap hari Rabu dan Kamis, serta One Week One Surah.

ITK juga kata Sunarty, terus berupaya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa Daerah Gorontalo dengan memaksimalkan JITK English Club dan JITK Tinepo pada kegiatan English and Hulonthalo Ngongohui.

“Selain itu juga ITK terus berupaya dalam pembentukan softskill dan peningkatan kemampuan IT / Sofware Geologi - Geografi melalui program Fermat Effect,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0