Dosen FPIK UNG Presentansikan “Mesin Pengering Serba Guna Tanpa Cahaya Matahari” di Malaysia

Oleh: Nunu Fadna Adam . 14 September 2016 . 14:34:04

GORONTALO - Z.C. Facrusyah S,St.Si. M,Si, dosen Fakultas perikanan dan ilmu Kelautan Universitas Negeri Gorontalo menjadi satu dari 8 presenter dalam Seminar International Applied Science yang digelar di Malaysia, Minggu (04/09). Seminar ini mengantarkan Z.C. Facrusyah S,St.Si. M,Si atau akrab disapa Erol ini menjadi satu-satunya presenter yang berasal dari Indonesia.

“Acara Seminar international Applied Sains ini merupakan pertemuan bagi para peneliti yang mendiseminasikan hasil penemuanya yang di tuangkan dalam bentuk artikel,” Ujar Erol.

Pertemuan ini dihadiri 60 peserta yang sebagian besar berasal dari negara-negara berkembang di luar ASEAN. Erol menjelaskan bahwa hanya terdapat 8 orang yang menjadi presenter dari 60 peserta yang hadir. Kedelapan presenter tersebut merupakan perwakilan dari Indonesia, Pakistan, Algeria, Nigeria, Tunisia, Belgia dan Malaysia yang menjadi tuan rumah kegiatan tersebut.

Dalam seminar ini, Erol mempresentasikan mengenai mesin pengering tanpa cahaya matahari. Ia mengungkapkan bahwa mesin ini merupakan mesin pengering yang serba guna namun lebih fokus pada fungsinya dalam pengeringan ikan, ikan asin, asap ataupun pengeringan rumput laut. Yang luar biasa dari mesin ini teretak pada kelebihannya yang dapat memproduksi hingga 12 kg dalam satu jam produksi, selain itu mesin ini juga lebih hygienis dan tidak membutuhkan lahan yang banyak. Mesin pengering tanpa cahaya bekerja dengan memanfaatkan uap dari api (pembakaran ).

“Mesin ini memiliki manfaat bagi masyarakat luas. Yang pertama masyarakat luas yang tidak memiliki lahan pengering dapat dengan mudah mengeringkan hasil tangkapanya, selanjutnya masyarakat tidak membutuhkan cahaya matahari dalam menggunakan alat ini dan tentunya dengan cara yang telah disiapkan oleh Penemu,” jelasnya.Z.C.Facrusyah S,St.Si. M,Si adalah dosen yang aktif dalam berbagai penelitian, ia juga tim PKM UNG yang memiliki ketertarikan terhadap mesin. (Susan)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0