Dorong Pencapaian SDGs di Gorontalo, UNG Jalin Kerjasama dengan Jerman

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 13 Desember 2020 . 12:25:43

 

GORONTALO - UNG berhasil gandeng GIZ-Federal Republic of Germany dalam mendorong pencapaian target-target SDGs di Provinsi Gorontalo. Bahkan hanya 4 universitas di Indonesia yang diprioritaskan untuk kerjasama oleh pihak GIZ, dan salah satunya UNG yang terlebih dahulu melakukan penandatanganan kerjasama yang ditandatangani langsung oleh Rektor UNG Dr. Ir. H. Eduart Wolok, ST, MT di depan principle advisor GIZ-Gorontalo, Bobby R. Payu, M.Si pada Tanggal 10 Desember 2020.

Sedangkan dari pihak GIZ-Jerman adalah Director of Finance and Administration of GIZ Dr. Wibke Kretschmann dan juga Principle Advisor of GIZ-Jerman in Indonesia Zulazmi. UNG menjadi salah satu mitra mulai akhir 2020-2022 dalam program pencapaian target SDGs di Provinsi Gorontalo.

Kerjasama ini merupakan bentuk komitmen Rektor UNG untuk mendorong pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs) di Provinsi Gorontalo melalui SDGs Center UNG.

Rektor UNG Dr. Eduart Wolok menyampaikan bahwa UNG fokus Localizing SDGs Desa yang selaras juga dengan Permendes No.13 Tahun 2020 tentang SDGs Desa sehingga dapat mendorong tercapainya SDGs tingkat provinsi, nasional bahkan internasional. Oleh karena itu upaya kolaborasi UNG dengan berbagai pihak baik pemerintah, Non-State Actor (NSA) maupun kerjasama dengan pihak internasional diharapkan akan mewujudkan cita-cita agenda nasional dan global pada tahun 2030 ini.

Kepala Pusat Studi SDGs UNG, Dr. Raghel Yunginger, M.Si menyampaiakn bahwa terdapat 8 key activities yang dijabarkan menjadi 17 sub kegiatan yang dikerjakasamakan dengan pihak GIZ-Jerman. Kegiatan ini mendorong capacity building bagi state actor dan NSA sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian SDGs di Provinsi Gorontal mulai dari perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi serta sistem pelaporan yang sesuai dengan 17 Goals SDGs.

Kapus SDGs menyampaikan bahwa pencapaian target SDGs ini berbeda dengan MDGs di mana saat ini semua pihak diajak bergotong royong dan berperan dalam pencapaian SDGs diantaranya masyarakat tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, hidup sehat dan sejahtera, lingkungan yang lestari dengan prinsip semua merasakan kesejahteraan itu tanpa terkecuali (no one left behind).

Wakil Rektor 4 Prof. Ikhfan Haris menyampaikan bahwa adanya kerjasama UNG dengan pihak GIZ-Jerman ini menjadi salah satu upaya UNG menuju UNG unggul dan berdaya saing baik dikancah nasional maupun internasional. Sehingga kerjasama ini wajib dijaga kualitasnya sehingga akan selalu berkelanjutan.

Sementara Ketua LPPM-UNG Prof. Ishak Isa, M.Si menyampaiakn akan mengawal kerjasama ini dan membuka peluang kerjasama di bidang penelitian dan pengabdian berbasis SDGs baik di Provinsi Gorontalo maupun di kawsan Teluk Tomini.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0