Dirjen Bina Pemerintahan Desa Dukung Pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus Teluk Tomini

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 6 Maret 2021 . 12:12:13

 

GORONTALO - Direkur Jendral Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Dr. Yusharto Huntuyungo, M.Pd., mendukung program pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus Berbasis Perdesaan Teluk Tomini. Hal ini disampaikan pada Pre Regional Meeting yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Gorontalo pada Kamis (4/3), di Hotel TC Damhil UNG.

"Saya benar-benar ingin bersama bapak dan ibu untuk proses pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Teluk Tomini", ungkapnya.

Yusharto menuturkan Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorart Jendral Pemerintahan Desa melihat Kawasan Ekonomi Khusus Berbasis Perdesaan Teluk Tomini sangat penting, karena berkaitan dengan kawasan perdesaan. Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa tidak hanya mengatur desa tetapi juga mengatur perdesaan. Perdesaan ini yang dimaksud adalah kawasan yang meliputi beberapa desa yang dikembangkan secara bekerja sama antar desa dan dibina oleh pemerintah kabupaten atau kota yang masih memiliki desa dalam wilayahnya.

"Dengan peran itu maka menjadi sangat relevan apabila kita membahas Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus yang berbasis kawasan perdesaan", ungkapnya.

Yusharto meyakini bahwa semangat untuk bisa mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus Teluk Tomini menjadi sangat relevan dan sangat penting saat ini.

"Kami optimis karena memang potensi yang ada di kawasan ekonomi khusus yang sedang digagas sekarang dengan berbagai latar belakang yang sudah digambarkan oleh Rektor UNG ini masih sangat-sangat terbuka untuk kita kembangkan", kata Yusharto.

Tujuan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus adalah untuk memberikan perlindungan atas potensi dan memberikan kemudahan berusaha kepada para pelaku usaha yang ada di Kawasan Teluk Tomini.

"Diharapkan kawasan Teluk Tomini yang disebutkan memiliki luas sekitar 137.700 km2 dengan panjang pantai sekitar 1350km ini dapat didaya-gunakan dengan sebaik-baiknya", harapnya.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0