Di Forum Majelis Rektor, Presiden Jokowi Respon Positif Laporan Rektor UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 13 September 2021 . 19:54:17

SOLO -  Presiden RI Joko Widodo pada Senin (13/9) menghadiri agenda pertemuan dengan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) di Solo.

Dalam agenda yang dihadiri oleh 35 Rektor Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia tersebut, Rektor UNG, Dr. Ir. Eduart Wolok., ST., MT., IPM, menyampaikan beberapa hal terkait perkembangan agenda Universitas Negeri Gorontalo dalam setahun terakhir.

Salah satu poin dari Eduart adalah menyampaikan perkembangan pemajuan kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara. Eduart menyampaikan jika dalam perkembangannya setelah melapor agenda tersebut ke Presiden Jokowi di Istana Negara pada 18 Oktober 2020, dirinya telah menyelanggarakan Pre-Regional Meeting Kawasan Teluk Tomini pada 12 Maret 2021 yang menghadirkan Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Kemendes PDTT RI, Dirjen Bina Pembinaan Desa Kemendagri RI, dan Dirjen Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT RI, dinas terkait dari 26 kabupaten/kota serta perwakilan kepala desa.

Eduart juga melaporkan setelah dilaksanakannya Pre Regional Meeting, UNG menjadi host pelaksanaan Regional Meeting pada 12-13 Juni 2021 yang melahirkan Deklarasi Pengembangan Kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara disertasi dengan penandatanganan Prasasti oleh 4 Gubernur dan 26 Bupati/Walikota se Teluk Tomini dan Maluku Utara.

Menurut Eduart, Presiden Jokowi merespon positif perkembangan tersebut dan berjanji akan segera menindaklanjuti aspirasi tersebut agar tujuan pembangunan kawasan timur Indonesia bisa segera terwujud.

Terkait dengan hal tersebut, Presiden meminta kepada Rektor UNG untuk berkordinasi melalui Menteri Sekretariat Negara agar menindaklanjuti perumusan agenda pengembangan kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara pada Executive Meeting yang rencananya akan dihadiri Presiden.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0