Dapatkan Sertifikat Pangan Rumah Tangga, Mahasiswa Berikan Pendampingan bagi Masyarakat Desa Tunas Jaya

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 16 Agustus 2023 . 11:54:00

GORONTALO - Mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang melakukan pengabdian di Desa Tunas Jaya, menggelar Sosialisasi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) bagi masyarakat. kegiatan yang dilaksanakan Senin (7/8) di Aula Kantor Desa Tunas Jaya, terlaksana bekerjasama dengan BUMDes menghadirkan narasumber dari BPOM Provinsi Gorontalo.

"Setelah kami lakukan observasi lapangan ditemukan bahwa kelompok UMKM di Desa Tunas Jaya terkendala pada pemasaran produk yakni belum adanya surat izin edar. Kami berinisiatif meIakukan sosialisasi dan melakukan pendampingan kepada UMKM hingga dapat memperoleh sertifikat pangan," ungkap Rahmat Mahmud selaku Koordinator KKN Desa Tunas Jaya.

Keterbatasan pengetahuan tentang cara pengolahan pangan, cara pelabelan dan perluasan wilayah pemasaran dan perolehan ijin produksi menjadi kendala umum UMKM yang ada di desa.

"Sosialisasi sudah diadakan tanggal 7 Agustus 2023 kemarin, saat ini kami dalam masa pendampingan UMKM" lanjut mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi ini, "Selain sertifikat UMKM kami pun mengadakan program kerja lainnya yakni pelatihan desain grafis. Pelatihan ditujukan kepada aparat desa, BUMDes, UMKM dan Karang Taruna agar pengelolaan SDM di Desa Tunas Jaya semakin bersaing di era digital yang sangat cepat sekarang ini" kata Kordes.

Kepala Desa Tunas Jaya, Ibrahim Badu mengatakan dukungannya dengan program kerja mahasiswa KKN UNG. "Saya sebenarnya sudah punya keinginan untuk mengatasi masalah surat izin edar produk ini, namun saya belum sempat melakukan hal tersebut dan syukur Alhamdulillah ada mahasiswa KKN UNG yang melaksanakan kegiatan ini, jadi saya merasa terbantu,” ujarnya. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0