BMKG Rintis Kerjasama Dengan UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 21 Desember 2016 . 11:53:35

 

GORONTALO - Universitas Negeri Gorontalo bersama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sepakat menjalin kerjasama, dalam mendukung pemanfaatan sarana dan prasarana, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Jalinan kerjasama antar kedua lembaga ditandai dengan penandatanganan kerjasama oleh Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, dengan Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng, Selasa (16/12) di ruang rapat Rektor UNG. Penandatanganan kerjasama turut disaksikan unsur pimpinan UNG, Dekan Fakultas dan Ketua Lembaga.

Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengatakan, jalinan kerjasama antara UNG dengan BMKG merupakan langkah penting dan strategis bagi UNG. Apalagi saat ini kerjasama merupakan salah satu pilar yang tengah digenjot dalam mendukung perkembangan UNG, melalui kolaborasi dan kerjasama antar perguruan tinggi maupun lembaga yang membidangi pengetahun tertentu.

"Kerjasama dengan berbagai pihak tentunya menjadi main gate bagi UNG dalam melakukan akselarasi diberbagai bidang. Dan dengan kerjasama kita mencoba untuk keluar dari zona nyaman, dengan memicu untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan diri," ungkap Prof. Syamsu.

Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng, menuturkan, selain memberikan peringatan dini terkait kebencanaan, salah satu tugas lain yang diemban BMKG yakni memberikan literasi masyarakat terhadap ancaman bencana. Akan tetapi dalam melakukan literasi kepada Masyarakat tersebut, merupakan tugas yang sangat besar karena keterbatasan personel. Sehingga BMKG memandang penting untuk menggandeng berbagai pihak khususnya Perguruan Tinggi diberbagai daerah.

"Perguruan tinggi khususnya UNG menjadi sebuah fasilitator dalam melakukan penelitian dan pengembangan, untuk dapat menyebarkan literasi kebencanaan dalam bahasa yang mudah dimengerti masyarakat. Semoga kerjasama ini dapat berjalan baik untuk kedua lembaga dimasa mendatang," harapnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0