Batudaa Pantai Bersholawat Awali Festival Sejuta Cumi Tahun 2023

Oleh: Rachmad Hidayah . 12 Desember 2023 . 18:55:22

Pemerintah Desa Langgula bekerjasama dengan Universitas Negeri Gorontalo dan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo kembali menggelar Festival Sejuta Cumi Tahun 2023. 

Festival tersebut diawali dengan Batudaa Pantai Bersholawat yang digelar pada Senin, 11 Desember 2023 di lapangan Desa Langgula.  

Batudaa Pantai Bersholawat dipandu oleh Majelis Muhyin Nufuus Provinsi Gorontalo yang membacakan Ratib Al-Eydrus.

Kepala Desa Langgula Fadli R Otoluwa S.Pi. mengatakan bahwa tujuan diadakannya Festival Sejuta Cumi adalah untuk mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Desa Langgula. 

“Kegiatan ini sebagai ajang promosi UMKM yang ada di Desa Langgula, yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat,” ungkapnya. 

Fadli berharap agar festival yang akan dilaksanakan selama empat hari tersebut akan berjalan lancar dan beroleh rahmat dan hidayah dari Allah SWT karena telah diawali dengan kegiatan Batudaa Pantai Bersholawat. 

Wakil Rektor Bidang Akademik UNG Dr. Abdul Hafidz Olii, S.Pi, M.Si. mengungkapkan bahwa Festival Sejuta Cumi Tahun 2023 adalah festival kedua yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Langgula bekerjasama UNG. 

“Kita tahu bersama, bahwa wilayah kawasan pesisir wilayah Provinsi Gorontalo termasuk di kawasan Langgula, Batudaa Pantai sangat kaya akan ketersediaan dan potensi sumber daya ikan diantaranya adalah cumi”, jelasnya.

Hafidz melanjutkan, wilayah perairan Kawasan Teluk Tomini adalah teluk terbesar dan masih sangat layak untuk menopang kehidupan dari cumi. Tidak hanya potensi cumi, Kawasan Teluk Tomini memiliki potensi tuna, rumput laut, dan banyak kawasan wisata. 

“Universitas Negeri Gorontalo mengambil sikap untuk terus menjaga, merawat, keberadaan dan ketersediaan cumi secara berkelanjutan”, ujarnya.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0