Bangun Karakter Sebagai Poros Pendidikan Melalui Seminar Kepramukaan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 28 April 2017 . 10:28:46

 

GORONTALO - Pembentukan karakter menjadi salah unsur penting dalam mendukung aktivitas pendidikan setiap individu. Atas dorongan pentingnya penanaman karakter tersebut, Dewan Racana Gudep 335-336 Universitas Negeri Gorontalo menggagas Seminar Nasional Kepramukaan, dengan tema karakter sebagai poros pendidikan, Kamis (27/4), di Auditorium UNG.

Ketua Dewan Racana Gudep 335 Nani Wartabone Rifandi Kai, mengatakan Seminar Nasional kepramukaan menjadi salah satu wadah meningkatkan kemampuan siswa dan mahasiswa, untuk sukses dalam pendidikan melalui penguatan karakter individu. Terlebih Pramuka sebagai organisasi yang mewadahi para generasi muda dalam membentuk kader bangsa yang berkarakter dan mempunyai jiwa kepemimpinan melalui prinsip dasar kepramukaan.

"Membentuk karakter Individu dapat dilakukan melalui Kepramukaan. Karena di Kepramukaan membentuk karakter dan jiwa kepemimpinan menjadi yang utama. Sehingga diharapkan karakter tersebut dapat memberikan dukungan dalam aktifitas pendidikan," ungkapnya.

 

 

Tujuan lain dilaksanakan seminar kata Rifandi untuk meningkatkan kualitas individu siswa maupun mahasiswa, agar mampu merealisasikan dan menanamkan semangat kepramukaan di lingkungan masyarakat.

Rektor UNG melalui Ketua Pembina Pramuka UNG Putri Dra. Masita Kadir, M.Pd, menginginkan agenda seminar tidak hanya berakhir dengan ditutupnya rangkaian kegiatan. Namun lebih dari itu juga harus menghasilkan sebuah output yang tujuannya, dapat mewujudkan peserta didik yang lebih berkarakter.

Apalagi jika berbicara penanaman karakter bagi setiap individu, sudah seharusnya dapat ditanamkan sejak dini. "Melalui Kepramukaan pembentukan karakter setiap individu siswa maupun mahasiswa dapat diperkuat, melalui pengalaman Dwi satya, Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka," tandasnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0