Apa Itu Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNBP? Berikut Penjelasannya

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 17 Januari 2023 . 13:18:01

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah memulai tahapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023. Pada seleksi penerimaan mahasiswa baru kali ini Tim SNPMB membuka penerimaan mahasiswa melalui 3 jalur, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) serta Seleksi Mandiri oleh PTN.

Untuk tahapan awal SNPMB tahun 2023, jalur seleksi yang tahapannya telah mulai yakni jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Jalur SNBP sendiri merupakan kesempatan yang diberikan siswa SMA/SMK/MA, yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akademik, PTN Vokasi termasuk Universitas Terbuka dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Sebagai penerimaan jalur prestasi calon mahasiswa akan dilakukan pemeringkatan sesuai dengan akreditasi sekolah, pemeringkatan berdasarkan nilai rata-rata mata pelajaran semester 1 sampai dengan semester 5 maupun kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama.

Siswa yang akan berpartisipasi dalam SNBP harus terlebih dahulu mendaftar akun SNPMB melalui laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ mulai tanggal 16 januari 2023 sampai dengan 15 Februari 2023. Kemudian bagi siswa yang datanya telah masuk dalam PDSS yang dilakukan oleh Sekolah, dapat melakukan pendaftaran SNBP secara online melalui https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ mulai tanggal 14 hingga 28 Februari 2023 menggunakan akun SNPMB.

Dalam ketentuan pemilihan PTN dan program studi, siswa dapat memilih paling banyak 2 prodi dalam satu PTN akademik, PTN Vokasi dan/atau PTKIN. Jika memilih dua prodi maka salah satu pilihan prodi harus berada di perguruan tinggi pada provinsi yang sama dengan SMA/SMK/MA asal.

Khusus bagi siswa yang mendaftar pada prodi bidang olahraga dan seni wajib untuk mengunggah protofolio. Seleksi dari jalur SNBP berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi, nantinya hasil kelulusan SNBP dapat dilihat pada laman SNPMB atau mirrornya pada tanggal 18 Maret 2023.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0