Angkat Kawasan Ekonomi Berbasis Perdesaan, Berikut Penjelasan Rektor

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 5 Maret 2021 . 11:46:19

 

GORONTALO – Pengembangan kawasan teluk tomini berupaya diwujudkan Universitas Negeri Gorontalo melalui program pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Sebagai kawasan yang unik dan karateristik berbeda, Rektor UNG Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T, M.T, memilih cara khusus dengan mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus berbasis perdesaan.

Menurut Rektor pengembangan kawasan berbasis perdesaan dipilih karena keunggulannya yang berbasis partisipatif, dengan melibatkan peran masyarakat untuk kemudian menetapkan apa saja komoditas unggulannya diberbagai bidang berdasarkan Desa masing-masing.

Industri berbasis perdesaan yang dikembangkan diwilayah teluk tomini berbasis potensi yang ada pada setiap Desa, bukan lagi membuat komuditas baru untuk dikembangkan.

“Dengan cara ini lebih mengembangkan komoditas potensial yang sudah ada untuk lebih ditingkatkan, serta dioptimalkan agar bisa menjadi komuditas yang unggul dan memiliki daya saing ditingkat regional, Nasional bahkan internasional,” ujar Rektor.

Rektor menjelaskan pembinaan Desa untuk mewujudkan kawasan ekonomi khusus perdesaan telah disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo, ketika melakukan pertemuan dengan 5 Rektor mewakili Perguruan Tinggi seluruh Indonesia pada akhir tahun 2020.

Dalam pertemuan tersebut, Rektor menyampaikan dalam mengembangkan kawasan industry, maka akan ada perbedaan antara kawasan industry wilayah barat dan timur Indonesia. Ia mencontohkan kawasan industry wilayah timur untuk satu Provinsi atau bahkan dua Provinsi yang digabung, itu tidak akan sama dengan satu Kabupaten di Pulau Jawa.

“Sehingga harus ada perbedaan intervensi dan kebijakan agar supaya penumbuhan ekonomi di kawasan Timur bisa terwujud. Salah satu pendekatan yang bisa dikedepankan dengan kawasan ekonomi khusus perdesaan,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0