Alih Fungsi DAS Alo Menjadi Lahan Jagung Penyebab Terjadinya Banjir

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 7 November 2021 . 12:48:53

GORONTALO - Pada tanggal 4 November silam, beberapa daerah di Kabupaten Gorontalo kembali terendam banjir. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana, sebanyak 1231 jiwa terdampak banjir tersebut.

Kepala Pusat Studi Kebencanaan Universitas Negeri Gorontalo Muhammad Kasim mengatakan bahwa mengatakan banjir yang terjadi di Kabupaten Gorontalo tersebut diakibatkan meluapnya Sungai Alo yang tidak dapat menampung debit air karena curah hujan yang tinggi.

“Kalau kita perhatikan, banjir yang terjadi membawa banyak lumpur. Hal ini terjadi karena adanya erosi yang terjadi di lahan-lahan terbuka. Akhirnya itulah yang menyebabkan banjir bersamaan dengan lumpur”, jelasnya.

Kasim menjelaskan untuk penanganan banjir tersebut ke depan harus dimulai dari hulu dengan menghijaukan kembali Daerah Aliran Sungai Alo (DAS) yang sebagian besar sudah dimanfaatkan sebagai lahan pertanian.

“Pembangunan bangunan sipil di hilir seperti tanggul atau drainase tidak akan efektif jika daerah hulu tidak diperhatikan. Untuk di daerah hilir sebaiknya dibangun drainase yang saling menyambung”, ungkapnya.

Senada dengan Kasim, Dr. Sunarty Eraku, S.Pd., M.Pd., dosen Jurusan Ilmu Teknik Kebumian UNG mengatakan bahwa saat ini DAS Alo mengalami erosi akibat alih fungsi lahan.

"Hasil riset saya pada tahun 2010 menemukan gundulnya puncak-puncak gunung di DAS Alo akibat alih fungsi lahan menjadi lahan pertanian jagung, sehingga mengakibatkan erosi. Dari bawah mungkin kita melihat masih rimbun seperti hutan, tetapi di atas sebenarnya sudah gundul", ungkapnya.

Sunarty menjelaskan ketika curah hujan tinggi, erosi menyebabkan tanah tidak dapat menampung air hujan dan aliran air langsung menuju ke sungai kemudian meluap sehingga terjadi banjir.

"DAS Alo tidak cocok untuk menjadi lahan pertanian, seharusnya DAS Alo menjadi daerah tangkapan air", tegasnya.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0