499 Guru Ikut Pendidikan dan Latihan Guru Profesional

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 31 Oktober 2016 . 11:04:17

GORONTALO - Sebanyak 499 Guru akan mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2016 pada sub rayon 32 Universitas Negeri Gorontalo. Para guru tersebut merupakan guru Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), maupun Sekolah Menengah Akhir (SMA) pengampuh sejumlah mata pelajaran disekolah, yang akan mengikuti tahapan menuju guru profesional yang tersertifikasi.

Direktur Pendidikan Profesi Guru (PPG) UNG Dr. Yusna Ahmad, S.Pd, M.Si, menuturkan, PLPG yang dilaksanakan tahun ini oleh UNG tidak hanya diikuti oleh Guru Sekolah yang tersebar di Prov. Gorontalo saja. Namun juga beberapa guru dari 12 Kabupaten/Kota di Prov. Sulawesi Utara (Sulut). Untuk rangkaian pendidikan dan latihan kata Yusna akan dibagi dalam 2 tahap, dimana untuk tahap pertama akan diikuti oleh 262 guru dan tahap selanjutnya 237 guru.

"Untuk tahun ini standar penilaian berupa passing grade juga mengalami peningkatan, dengan wajib meraih nilai minimal 80 agar bisa lulus sertifikasi," ungkap Yusna.

Dalam pelaksanaannya kata Yusna, PLPG dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru, hingga dapat memantapkan penguasaan dan kemampuan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, serta sebagai penentu kelulusan sertifikasi.

"PLPG diharapkan dapat menghasilkan guru profesional dan memiliki kompetensi pedagogik. Dengan memiliki kompetensi profesional, sosial, dan kepribadian yang tinggi. Sehingga mendapatkan sertifikat pendidik sesuai mata pelajaran," ujarnya.

Sementara itu Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, meminta kepada seluruh guru peserta PLPG untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan, hingga tahapan ujian dengan penuh keseriusan. Karena setiap tahunnya standar passing grade untuk kelulusan sertifikasi semakin sulit, dengan terus mengalami peningkatan standar penilaian.

"Meski terus mengalami peningkatan standar penilaian, para guru tidak boleh pesimis untuk lulus sertifikasi melainkan harus berusaha lebih keras lagi. Karena saya yakin kualitas para guru saat ini sudah sangat baik, tinggal perlu didorong oleh usaha yang lebih giat lagi," Tutur Rektor.

Peserta PLPG sub rayon 32 UNG akan diikuti 499 guru yang terdiri dari 9 bidang studi sertifikasi. Yakni Guru kelas TK/PAUD, Guru kelas SD, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, dan Penjas. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0