4 Prodi FMIPA Seminarkan Hasil Pengembangan Kurikulum

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 5 Desember 2016 . 11:52:00

 

GORONTALO - Setelah sebelumnya telah beberapa kali melakukan pengembangan kurikulum pembelajaran. 4 Program Studi (Prodi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yakni Prodi Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Geografi dan Pendidikan Fisika, memaparkan hasil kurikulum yang telah disusun. Pemaparan dilakukan melalui Seminar Kurikulum FMIPA, Sabtu (4/12) di Aula TC Damhil.

Ke empat Prodi tersebut merupakan Prodi yang sebelumnya memperoleh dana hibah dari Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemristekdikti dalam revitalisasi kurikulum. Dimana nantinya produk kurikulum yang dihasilkan oleh keempat Prodi yang telah terakreditasi A, dapat menjadi model pengembangan kurikulum ditingkat nasional khususnya dilingkungan UNG.

"Revitalisasi kurikulum turut melibatkan sejumlah pihak khususnya para guru sekolah. Karena memang lulusan yang dihasilkan keempat Prodi merupakan tenaga pendidik disekolah," terang Prof. Evi.

Selain untuk peningkatan kualitas pendidikan, revitalisasi kata Prof. Evi guna penyesuaian dengan kurikulum dari perguruan tinggi lain. Ini karena setiap melakukan program pertukaran mahasiswa, seluruh Perguruan Tinggi kerap mengalami kendala akibat perbedaan kurikulum antar program studi.

"Beberapa tahun terakhir FMIPA bersama Perguruan Tinggi LPTK lainnya, terus melakukan penyamaan persepsi tentang kurikulum. Sehingga kedepan kurikulum antar Fakultas MIPA akan sama dan yang membedakan hanya penciri masing-masing Fakultas dan PT," jelasnya.

Sementara itu Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengharapkan kurikulum yang dihasilkan oleh 4 Prodi FMIPA, dapat sesuai selaras dengan Prodi pada Perguruan Tinggi LPTK lainnya. Dan salah satu hal terpenting menurutnya, kurikulum dapat memenuhi kebutuhan dari masyarakat dan Stakeholder sebagai pengguna lulusan keempat Prodi unggulan UNG tersebut.

"Kurikulum adalah pedoman bagi lembaga pendidikan. Jika mampu disusun baik dan diimplementasikan dengan baik, dapat menghasilkan lulusan tidak hanya baik namun juga Berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan," terang Rektor. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0