398 Mahasiswa UNG Laksanakan PMS MBKM di Kabupaten Bone Bolango

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 14 September 2023 . 16:03:34

GORONTALO - Sebanyak 398 mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) akan melaksanakan Program Mengajar di Sekolah (PMS) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) untuk 27 sekolah mitra yang tersebar di wilayah pesisir Teluk Tomini Kabupaten Bone Bolango. Program ini merupakan salah satu upaya UNG untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih luas dan bermakna bagi mahasiswa.

Program MBKM di wilayah pesisir Teluk Tomini ini melibatkan mahasiswa dari program studi kependidikan di UNG. Mahasiswa berasal dari berbagai program studi kependidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas MIPA, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Sastra dan Budaya, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Mereka akan mengabdi sebagai asisten mengajar di sekolah-sekolah dasar dan menengah selama satu semester.

Ketua LP3M UNG Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd., menyampaikan bahwa PMS MBKM bertujuan untuk mengembangkan kompetensi keilmuan, keterampilan, kepribadian, dan karakter mahasiswa dalam lingkungan persekolahan terutama dalam peningkatan kemampuan literasi dan numerasi.

“Program ini sesuai dengan arahan bapak Rektor UNG dalam rangka pengembangan kawasan Teluk Tomini. Dengan program ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di wilayah pesisir Teluk Tomini” ujarnya.

Kepala Pusat Pengalaman Lapangan selaku Ketua Panitia PMS MBKM Dr. Muhammad Yusuf, M.Pd menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan PMS Batch 4 ini melibatkan 27 sekolah mitra di wilayah Bone Bolango yang terdiri dari jenjang sekolah dasar dan menengah. 

"Program MBKM di wilayah pesisir Teluk Tomini ini akan berlangsung selama empat bulan, mulai dari September hingga Desember 2023. Selama program ini berlangsung, mahasiswa UNG akan mendapatkan bimbingan dan pengawasan dari dosen pembimbing dari UNG serta guru pamong dari sekolah mitra. Mahasiswa UNG juga akan melaksanakan berbagai kegiatan akademik dan non-akademik di sekolah," kata Muhammad. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0