10 Tahun Lagi, Ikan Nike akan Hilang dari Perairan Gorontalo

Oleh: Rachmad Hidayah . 12 Oktober 2023 . 17:18:34

Gorontalo - Produksi ikan nike selama tiga tahun terakhir di Provinsi Gorontalo mengalami penurunan rata-rata sebesar 14 ton per tahun. 

Hal ini diungkapkan oleh Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG Prof. Dr. Femy M. Sahami., S.Pi., M.Si dalam Sidang Terbuka Senat Dalam Rangka Orasi Ilmiah Guru Besar di Lingkungan Universitas Negeri Gorontalo pada Kamis, 12 Oktober 2023.

“Apakah dalam kurun waktu 10 tahun lagi ,kita masih bisa mengkonsumsi ikan ini? Dari data produksi dan model pengukuran untuk keberlanjutan, sepertinya cukup mencemaskan. Inilah yang disebut dengan senjakala, dalam kamus Bahasa Indonesia, senjakala adalah kondisi senja setengah gelap sesudah matahari terbenam,” ungkapnya. 

Ia menjelaskan bahwa Ikan Nike sebagai ikan amphidromus secara ekologis sangat bergantung pada dua habitat perairan. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa induk ikan Nike yang ditangkap di perairan Teluk Gorontalo berada di 2 aliran sungai besar yang masuk dalam 2 wilayah administrasi yang berbeda yaitu Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo.  

“Dalam penelitian terakhir ditemukan bahwa penyebaran ikan Nike di Teluk Tomini Gorontalo selain di perairan Kota Gorontalo juga terdapat pula di muara Sungai Taludaa, Tombulilato dan Bilungala, Paguyaman, Marisa,” jelasnya.

Analisis data produksi Nike untuk wilayah Kota Gorontalo selama selang tahun 2020-2021 menunjukkan adanya tren penurunan. Penurunan ini dipengaruhi berbagai faktor, antara lain, penangkapan ikan di hulu yang tidak ramah lingkungan, vegetasi bantaran sungai yang mulai menurun, peningkatan aktivitas pembangunan di muara sungai, peningkatan aktivitas masyarakat di sempadan sungai, dan peningkatan kegiatan penambangan pasir dan batu di sepanjang bantaran sungai.

“Dari temuan hasil pengukuran menunjukkan bahwa analisis keberlanjutan dari ikan Nike di semua lokasi penangkapan hanya satu dimensi yang status keberlanjutannya positif yakni teknologi, sisanya tidak berkelanjutan. Empat dimensi tersebut adalah dimensi ekologi, ekonomi, sosial, dan etik,” imbuhnya.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0