Yuk, Intip Peluang Beasiswa di Jepang Bagi ASN

Oleh: Lenny DJ. Muda . 12 Juni 2021 . 14:58:28

Pemerintah Jepang melalui Ministry of Education, Cullture, Sports, Science, and Technology (MEXT) ternyata memiliki program beasiswa bagi aparatur sipil negara (ASN) di seluruh Indonesia. Dengan nama Young Leaders Programme (YLP) MEXT, program beasiswa ini bertujuan untuk menghasilkan pemimpin masa depan di Asia dan negara lainnya.

Program YLP MEXT pun berkontribusi untuk membangun hubungan kerja sama yang baik antar berbagai negara, termasuk Indonesia. Melalui program ini juga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas perencanaan kebijakan dengan membentuk jaringan di antara pemimpin nasional antar negara melalui pemahaman yang mereka dapatkan selama menempuh studi.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo (Atdikbud KBRI Tokyo), Jepang, Yusli Wardiatno menyampaikan, Program YLP MEXT ini terbuka bagi ASN pusat maupun daerah. Beberapa ASN yang telah meraih program beasiswa ini, kata dia, di antaranya Lady Margaretha F. Sirait dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yang bersekolah di Healthcare Administration di Graduate School of Medicine, Nagoya University, Syubatul Minnah dari Kementerian Sekretariat Negara yang bersekolah di School of Government (SOG) di National Graduate Institute for Policy Studies (GRIPS), dan lainnya.

“KBRI Tokyo akan berupaya agar program beasiswa YLP semakin dikenal sehingga diharapkan akan lebih banyak lagi ASN yang mendaftar dan lolos seleksi di masa mendatang,” tutur Yusli di KBRI Tokyo, Jepang, Senin (7/6/2021).

Dalam program beasiswa YLP ini, semua proses pembelajaran dilakukan dengan bahasa pengantar yakni Bahasa Inggris, sehingga satu dari beberapa persyaratan memperoleh beasiswa ini adalah mempunyai sertifikat kemampuan Bahasa Inggris dengan skor TOEFL ITP minimal 550 atau TOEFL IBT minimal 80 atau IELTS minimal 6,0, khusus untuk program studi Administrasi Bisnis skor IELTS minimal 7,0.

Persyaratan lainnya yang dibutuhkan untuk mendaftar program beasiswa ini, yaitu 1) peserta studi merupakan pegawai pemerintah yang berasal dari negara terpilih yang diharapkan dapat berperan aktif sebagai pemimpin masa mendatang di negara asalnya masing-masing; 2) proses seleksi dilakukan melalui Kedutaan Besar Jepang di masing-masing negara, dan dibuka pendaftarannya sekitar bulan September-Oktober setiap tahunnya; 3) usia peserta tidak lebih dari 40 tahun pada saat memulai studi di Jepang; 4) peserta harus memiliki masa kerja sebagai ASN minimal 5 tahun; 5) Peserta harus memiliki ijazah S1 dari universitas yang terakreditasi di negara asal; dan 6) peserta melampirkan surat keterangan sehat terbaru sesuai format dari pemerintah Jepang.

Informasi lebih lengkapnya dapat diakses melalui laman dengan alamat www.mext.go.jp. Yuk, para ASN di Indonesia segera persiapkan persyaratan program beasiswa YLP MEXT!

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61