Yayan Andiyani Iman, Anak Buruh Tani Peraih IPK Predikat Terpuji

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 1 September 2016 . 15:05:00

 

GORONTALO - Prosesi wisuda periode Agustus menjadi momen yang sangat membanggakan bagi 1432 sarjana lulusan Universitas Negeri Gorontalo. Hal tersebut juga dirasakan Yayan Andiyani Iman, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan. Tidak hanya mampu menjadi salah satu mahasiswa yang di wisuda, namun Yayan juga berhasil menjadi salah satu mahasiswa peraih predikat Cumlaude.

Predikat tersebut diraih Yayan, setelah sukses menyelesaikan rangkaian pendidikan perguruan tinggi di UNG tepat waktu selama 4 tahun lamanya, dengan pencapaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan predikat terpuji yakni 3,76. Atas pencapaian tersebut Yayan bahkan berhasil mencatatkan prestasi sebagai salah satu Wisudawan terbaik pada Wisuda Periode Agustus.

Perjuangan Yayan untuk bisa masuk UNG, mengikuti seluruh proses kegiatan akademik, hingga menyelesaikan studi memang tidaklah mudah. Ia merupakan mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu dari segi ekonomi. Sang ayah Tani Iman hanya berprofesi sebagai seorang buruh tani penggarap sawah.

Dengan status sebagai siswa yang berprestasi, Yayan berhasil masuk ke UNG melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2012. Meski berasal dari keluarga kurang mampu, Yayan belum tercover dalam penerima beasiswa Bidikmisi. "Selama 4 semester saya harus membayar kuliah dengan dibantu oleh keluarga khususnya Paman saya," ungkap Yayan.

Dengan keterbatasan dari segi ekonomi tidak membuat Yayan minder, justru hal ini menjadi pemacu semangat untuk bisa menyelesaikan studi tepat waktu dengan nilai terbaik. Ia bahkan tidak banyak menuntut serta membebani orang tua dan keluarganya dalam memenuhi kebutuhan kuliahnya.

"Saya sadar bahwa saya berasal dari keluarga kurang mampu. Sehingga saya memiliki tekad untuk bisa menjadi orang yang berpendidikan untuk bisa merubah kehidupan saya dan keluarga," terang Yayan sambil menangis tersedu-sedu.

Berkat prestasi memukau selama kuliah, pada tahun 2014 Yayan berhasil memperoleh Beasiswa Bidikmisi dengan status pengganti. "Alhamdulillah dengan Beasiswa Bidikmisi banyak membantu saya dalam menyelesaikan sisa waktu studi, dan juga dapat meringankan beban orang tua dan keluarga," tuturnya.

Status sebagai salah satu Wisudawan terbaik dengan predikat cumlaude kata Yayan, menjadi sebuah capaian yang sangat membanggakan. Terlebih dengan status berasal dari keluarga kurang mampu, bukanlah halangan untuk bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi dan meraih prestasi yang membanggakan.

"Saya berhasil membuktikan meski dari kalangan kurang mampu, saya bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu dengan IPK yang sangat memuaskan," tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61