Yayan Andiyani Iman, Anak Buruh Tani Peraih IPK Predikat Terpuji

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 1 September 2016 . 15:05:00

 

GORONTALO - Prosesi wisuda periode Agustus menjadi momen yang sangat membanggakan bagi 1432 sarjana lulusan Universitas Negeri Gorontalo. Hal tersebut juga dirasakan Yayan Andiyani Iman, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan. Tidak hanya mampu menjadi salah satu mahasiswa yang di wisuda, namun Yayan juga berhasil menjadi salah satu mahasiswa peraih predikat Cumlaude.

Predikat tersebut diraih Yayan, setelah sukses menyelesaikan rangkaian pendidikan perguruan tinggi di UNG tepat waktu selama 4 tahun lamanya, dengan pencapaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan predikat terpuji yakni 3,76. Atas pencapaian tersebut Yayan bahkan berhasil mencatatkan prestasi sebagai salah satu Wisudawan terbaik pada Wisuda Periode Agustus.

Perjuangan Yayan untuk bisa masuk UNG, mengikuti seluruh proses kegiatan akademik, hingga menyelesaikan studi memang tidaklah mudah. Ia merupakan mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu dari segi ekonomi. Sang ayah Tani Iman hanya berprofesi sebagai seorang buruh tani penggarap sawah.

Dengan status sebagai siswa yang berprestasi, Yayan berhasil masuk ke UNG melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2012. Meski berasal dari keluarga kurang mampu, Yayan belum tercover dalam penerima beasiswa Bidikmisi. "Selama 4 semester saya harus membayar kuliah dengan dibantu oleh keluarga khususnya Paman saya," ungkap Yayan.

Dengan keterbatasan dari segi ekonomi tidak membuat Yayan minder, justru hal ini menjadi pemacu semangat untuk bisa menyelesaikan studi tepat waktu dengan nilai terbaik. Ia bahkan tidak banyak menuntut serta membebani orang tua dan keluarganya dalam memenuhi kebutuhan kuliahnya.

"Saya sadar bahwa saya berasal dari keluarga kurang mampu. Sehingga saya memiliki tekad untuk bisa menjadi orang yang berpendidikan untuk bisa merubah kehidupan saya dan keluarga," terang Yayan sambil menangis tersedu-sedu.

Berkat prestasi memukau selama kuliah, pada tahun 2014 Yayan berhasil memperoleh Beasiswa Bidikmisi dengan status pengganti. "Alhamdulillah dengan Beasiswa Bidikmisi banyak membantu saya dalam menyelesaikan sisa waktu studi, dan juga dapat meringankan beban orang tua dan keluarga," tuturnya.

Status sebagai salah satu Wisudawan terbaik dengan predikat cumlaude kata Yayan, menjadi sebuah capaian yang sangat membanggakan. Terlebih dengan status berasal dari keluarga kurang mampu, bukanlah halangan untuk bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi dan meraih prestasi yang membanggakan.

"Saya berhasil membuktikan meski dari kalangan kurang mampu, saya bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu dengan IPK yang sangat memuaskan," tandasnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0