Wow! Pilpres BEM Bakal Gunakan E-Voting

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 Januari 2019 . 15:13:00

 

GORONTALO – Proses pesta Demokrasi mahasiswa UNG tahun 2020 bakal berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Perbedaan mencolok pada pelaksanaan tahap pemilihan terdapat pada proses pemungutan surat suara, dimana tahun depan akan mulai diterapkan sistem pemungutan suara elektronik atau e-voting.

Kesiapan penerapan sistem e-voting berbasis komputer dan android tersebut sudah dalam penyempuarnaan, bahkan kesiapan sistem tersebut sudah dilakukan proses simulasi dengan melibatkan Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) UNG serta para mahasiswa, Jumat (30/12),.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Karmila Mahmud, M.A, Ph.D, menuturkan penerapan sistem e-voting merupakan inovasi yang dilakukan seiring dengan perkebangan pemanfaatan teknologi. Langkah ini menjadi upaya Universitas untuk melakukan digitalisasi semua sistem yang ada di lingkungan kampus termasuk di tingkat kegiatan mahasiswa.

“Penerapannya diharapkan dapat memberikan efesiensi dan efektivitas dalam tahap Pilpres BEM 2020, yang tentunya tidak meninggalkan prinsip demokrasi yang rahasia, bebas, jujur dan adil,” ungkap Karmila.

 

 

Menurut Karmila penggunaan aplikasi E-Voting berbasis computer hanya dapat digunakan pada komputer yang telah terdaftar dalam sistem. Sementara untuk E-Voting berbasis android akan diberlakukan sistem IMEI, dimana satu smartphone hanya dapat melakukan satu kali login ke aplikasi dan satu kali memberikan hak suara. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61