Waspada Penyebaran Covid-19, UNG Perketat Penerapan Protokol Kesehatan UTBK

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 5 Juli 2020 . 19:03:16

 

GORONTALO – Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 secara serentak dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia. Dalam pelaksanaan UTBK pada kondisi pandemi Covid-19, UNG sebagai salah satu pelaksana memperketat penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ujian kali ini.

Diperketatnya penerapan protokol kesehatan untuk panitian maupun peserta ujian sesuai dengan instruksi Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, S.T, M.T,. Tidak hanya sekedar mewajibkan penggunaan masker maupun menjaga jarak antar satu sama lain, petugas pelaksana juga dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) untuk menghindari penularan Covid-19.

“Petugas yang bertugas di pintu masuk yang menyambut peserta ujian dibekali dengan pakaian APD, ini untuk meminimalisir kontak dalam kemungkinan menularkan atau ditularkan.,” ungkap Rektor.

Sebelum masuk ke ruang ujian peserta wajib dilakukan peserta juga diwajibkan mencuci tangan ditempat yang telah disediakan, dan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan ke tangan peserta.

Selanjutnya peserta ujian akan dilakukan pengukuran suhu tubuh oleh petugas dengan batas suhu tubuh 37,5 derajat celcius. Jika ada yang melewati batas, petugas diinstuksikan untuk menolak peserta tersebut untuk mengikuti ujian dan akan dijadwalkan kembali pelaksanaannya.

“Setelah pelaksanaan ujian sesi pertama, ruang ujian akan disterilkan kembali oleh petugas, dengan menyemprotkan cairan disinfektan sebelum digunakan pada sesi kedua. Ini sebagai upaya untuk menjamin fasilitas UTBK UNG bebas dari virus Covid-19,” terangnya.

Langkah memperketat penerapan protokol kesehatan dilakukan, karena pada UTBK kali ini UNG akan kedatangan 4127 peserta ujian yang berasal dari berbagai Daerah dengan kondisi individu setiap peserta yang berbeda-beda.

“Dikhawatirkan kedatangan ribuan peserta dari berbagai daerah ini tanpa penerapan protokol kesehatan yang ketat dapat memunculkan cluster baru penularan virus Covid-19, sehingga diperketatnya penerapan protokol kesehatan sangat penting untuk mencegahnya,” terangnya.

Menurut Rektor, UNG memiliki tanggung jawab besar dalam menyukseskan pelaksanaan UTBK kali ini tanpa menyampingkan aspek kesehatan ditengah situasi pandemi saat ini. Sehingga seluruh perangkat ujian maupun peserta harus benar-benar disiplin dan mengutamakan protokol kesehatan yang telah ditentukan. (**)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61