UNG Wakili Indonesia di Simposium Internasional

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 8 Februari 2015 . 09:07:00

Inovasi Elearning untuk Pembelajaran

“Sejak 2006 Universitas Negeri Gorontalo menerapkan system E-learning”

Elearning merupakan salah satu metode pembelajaran jaran jauh yang memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi. Universitas Negeri Gorontalo telah mulai menerapkan system pembelajaran tersebut semenjak tahun 2006. Pada tahun tersebut, pembelajaran eLearning masih menggunakan LMS Moodle di Universitas Negeri Gorontalo telah mulai digunakan di Pusat Komputer untuk perkuliahan mahasiswa program Diploma 1 Komputer. Penerapan elearning berikutnya masih menggunakan moodle ketika diadakan Hibah Kompetisi Bahan Ajar Berbasis Web yang dilaksanakan oleh PUSKOM tahun 2006 yang juga masih menggunakan moodle. Saat itu sekitar 20 dosen mendapatkan hibah tersebut setelah melakukan proses upload SAP, bahan kuliah, tugas, dll.

Di tahun 2007 PJJ PGSD mulai menggunakan elearning berbasis moodle untuk proses perkuliahannya. Jurusan Teknik Informatika pada tahun 2009 mulai menggunakan elearning berbasis moodle sampai sekarang yang beralamat http://sportif.ung.ac.id yang disusul oleh Fakultas Teknik yang juga menggunakan moodle di alamat http://spot.fatek.ung.ac.id. Masih di tahun 2009 juga Fakultas Ekonomi dan bisnis melakukan pelatihan penggunaan elearning berbasis moodle. di domain fekon.ung.ac.id (sudah non-aktif). Pada tahun 2010 Puskom juga melaksanakan pelatihan seminggu penuh dengan narasumber dari Seamolec menggunakan moodle di server UNG yang masih bisa di akses di http://workshop.ung.ac.id. Masih ditahun yang sama, beberapa dosen fakultas ilmu pendidikan mengikuti pelatihan elearning yang juga menggunakan moodle di Puskom.

Akan tetapi dalam penerapan eLearning berbasis Moodle tersebut selama hampir 5 tahun, belum menunjukkan adanya peningkatan pemanfaatan secara signifikan, bahkan sebagaian dosen masih enggan memanfaatkannya untuk kegiatan perkuliahan. Untuk memaksimalkan pemanfaatan eLearning tersebut pada tahun 2012 UNG melakukan penyempurnaan fitur di dalamnya, dengan menerapkan 4 pola integrasi, yakni pola integrasi user mahasiswa, dosen dan operator, pola integrasi mata kuliah, pola integrasi absensi dan pola integrasi penilaian tugas.

Melalui 4 pola integrasi yang diimplementasikan pada system eLearning Universitas Negeri Gorontalo terbaru kata Rektor, telah terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada pemanfaatan eLearning dalam kegiatan perkuliahan. Jika dibandingkan dengan hasil Assesment penggunaan eLearning dari tahun 2006 hingga 2011, hanya tersedia 39 matakuliah yang ada pada system tersebut, serta sebanyak 15 matakuliah hanya difungsikan sebagai media untuk mendownload materi.

Kondisi tersebut kata Rektor, sangat berbanding terbalik pada system eLearning terbaru. Dengan terintegrasinya ke SIAT UNG, pada bulan November 2012 telah tersedia 1680 kelas Learning, 122 matakuliah yang telah menyediakan materinya, penugasan serat absensi telah berbasis online, dan sebanyak 5 matakuliah telah terintegrasi ke SIAT UNG.

Berbagai lonjakan signifikan pemanfaatan eLearning tersebut merupakan bukti bahwa pengebangan serta pemanfaatan pembelajaran berbasis online di UNG telah berhasil di implementasikan. Tugas selanjutnya yang harus dilakukan yakni, lebih memperkaya lagi berbagai fitur yang akan mempermudah mahasiswa dalam mengikuti aktifitas perkuliahan. Dengan adanya eLearning ini diharapkan akan semakin mengukuhkan UNG sebagai salah satu Kampus dengan pemanfaatan IT terbaik di Indonesia.

Bahkan perkembangan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam aktifitas akademik maupun non akademik, khususnya pada penerapa perkuliahan berbasi elearning yang menjadi keunggulan Universitas Negeri Gorontalo sebagai Perguruan Tinggi terkemukan di Provinsi Gorontalo mendapat mendapat pengakuan sejumlah kalangan. Hal ini dibuktikan dengan didaulatnya kampus merah maron yang diwakili langsung Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, untuk mempresentasikan penerapan perkuliahan berbasis E-Learning yang dimiliki UNG, pada forum Simposium Internasional yang dihelat di Pulau Dewata Bali pada tahun 2012 lalu.

Universitas Negeri Gorontalo menjadi satu-satunya perguruan tinggi di kawasan timur Indonesia yang didaulat menjadi presenter di simposium dengan topik eLearning Administrative Simplification Through Integration With Academic Information System of Higher Education. Terlebih seluruh presenter yang berpartisipasi pada ajang bertaraf internasional ini, melibatkan presenter dari beberapa Negara diantarannya berasal dari Jepang, Australia, Korea Selatan, Pakistan, China, Malaysia dan Indonesia, yang salah satunya diwakili Universitas Negeri Gorontalo. #

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61