UNG Siap Terapkan Pembelajaran Dalam Jaringan Program PPG Dalam Jabatan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 1 Juni 2018 . 15:20:00

 

GORONTALO – Universitas Negeri Gorontalo mulai melakukan persiapan dalam pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) berbasis sistem pembelajaran dalam jaringan (Daring) untuk tahun 2018. Dalam mematangkan persiapan sistem pembelajaran tersebut UNG melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Hybrid Learning dengan melibatkan narasumber dari Kementerian Ristekdikti, Kamis (31/5), di Rektorat UNG.

Sekretaris PPG UNG Muhtar Ahmad, SE, M.Si, mengungkapkan, program PPG dalam jabatan merupakan pengganti dari program Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) yang dilaksanakan pada tahun sebelumnya. Selain pelaksanaan program akan dilakukan selama 5 bulan, perbedaan PPG dalam jabatan dibandingkan dengan PLPG yakni diberlakukannya pembelajaran dalam jaringan.

“Selama 5 bulan nanti peserta PPG dalam jabatan akan mengikuti pendidikan selama 3 bulan berbasis dalam jaringan. Kemudian selama 5 minggu akan mengikuti lokakarya dan program pendidikan lapangan (PPL) serta mengikuti rangkaian ujian nasional,” ungkap Muhtar.

Proses pembelajaran program PPG berbasis daring kata Muhtar baru pertama kali diterapkan diseluruh Indonesia. Dengan menerapkan sistem tersebut proses pembelajaran dapat dilakukan walaupun berjarak jauh, karena memanfaatkan internet berbasis jaringan LMS berbasis spada Indonesia yang diselenggarakan Kemenristekdikti.

“Dengan pembelajaran model daring ini, instruktur berasal dari UNG dan para peserta dapat mengikuti proses pembelajaran melalui jaringan yang tersedia tanpa bertatap muka. Sehingga proses pembelajaran 8 jam setiap hari dapat terus dilakukan meskipun tengah bekerja,” terangnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruadi, MP yang juga penanggun jawab program PPG dalam jabatan UNG menambahkan, penerapan Model pembelajaran daring didasarkan atas beberapa instansi yang mengeluhkan, jika para Guru harus meninggalkan tempat kerja ketika mengikuti program PPG. Sehingga Pemerintah mencoba dicetuskan program pendidikan yang inovatif dan efisien, dengan memanfaatkan perkembangan jaringan dan teknologi.

“Untuk Program PPG dalam jabatan ditahun 2018 akan mulai dilaksanakan pada 31 Mei hingga 23 Oktober 2018 mendatang. Sedangkan program studi yang akan mengikuti program ini yakni bidang studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD),” ujarnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0