UNG Siap Terapkan Pembelajaran Dalam Jaringan Program PPG Dalam Jabatan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 1 Juni 2018 . 15:20:00

 

GORONTALO – Universitas Negeri Gorontalo mulai melakukan persiapan dalam pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) berbasis sistem pembelajaran dalam jaringan (Daring) untuk tahun 2018. Dalam mematangkan persiapan sistem pembelajaran tersebut UNG melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Hybrid Learning dengan melibatkan narasumber dari Kementerian Ristekdikti, Kamis (31/5), di Rektorat UNG.

Sekretaris PPG UNG Muhtar Ahmad, SE, M.Si, mengungkapkan, program PPG dalam jabatan merupakan pengganti dari program Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) yang dilaksanakan pada tahun sebelumnya. Selain pelaksanaan program akan dilakukan selama 5 bulan, perbedaan PPG dalam jabatan dibandingkan dengan PLPG yakni diberlakukannya pembelajaran dalam jaringan.

“Selama 5 bulan nanti peserta PPG dalam jabatan akan mengikuti pendidikan selama 3 bulan berbasis dalam jaringan. Kemudian selama 5 minggu akan mengikuti lokakarya dan program pendidikan lapangan (PPL) serta mengikuti rangkaian ujian nasional,” ungkap Muhtar.

Proses pembelajaran program PPG berbasis daring kata Muhtar baru pertama kali diterapkan diseluruh Indonesia. Dengan menerapkan sistem tersebut proses pembelajaran dapat dilakukan walaupun berjarak jauh, karena memanfaatkan internet berbasis jaringan LMS berbasis spada Indonesia yang diselenggarakan Kemenristekdikti.

“Dengan pembelajaran model daring ini, instruktur berasal dari UNG dan para peserta dapat mengikuti proses pembelajaran melalui jaringan yang tersedia tanpa bertatap muka. Sehingga proses pembelajaran 8 jam setiap hari dapat terus dilakukan meskipun tengah bekerja,” terangnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruadi, MP yang juga penanggun jawab program PPG dalam jabatan UNG menambahkan, penerapan Model pembelajaran daring didasarkan atas beberapa instansi yang mengeluhkan, jika para Guru harus meninggalkan tempat kerja ketika mengikuti program PPG. Sehingga Pemerintah mencoba dicetuskan program pendidikan yang inovatif dan efisien, dengan memanfaatkan perkembangan jaringan dan teknologi.

“Untuk Program PPG dalam jabatan ditahun 2018 akan mulai dilaksanakan pada 31 Mei hingga 23 Oktober 2018 mendatang. Sedangkan program studi yang akan mengikuti program ini yakni bidang studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD),” ujarnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61