UNG Siap Laksanakan Ujian Berbasis Komputer Pada SBMPTN 2017

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 5 April 2017 . 10:15:50

 

GORONTALO - Pelaksanaan ujian mahasiswa baru melalui Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2017 akan mulai menerapkan sistem yang baru. Dimana pada tahun ini pelaksanaan ujian akan menerapkan 2 sistem yakni Computer Based Test (CBT) atau ujian menggunakan komputer, serta Paper Based Test (PBT) atau ujian tertulis.

Universitas Negeri Gorontalo sebagai panitia penyelenggara SBMPTN di Prov. Gorontalo, tidak hanya siap dalam menyelenggarakan ujian SBMPTN menggunakan PBT. Namun juga sudah sangat siap dalam melaksanakan ujian dengan sistem CBT.

"Sebagai penyelenggara SBMPTN di Prov. Gorontalo, UNG sudah siap untuk memfasilitasi penyelenggaraan ujian tertulis (PBT) maupun ujian menggunakan komputer (CBT)," ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, saat memimpin rapat rutin akademik, Selasa (4/4), diruang rapat Rektorat.

Untuk pelaksanaan ujian sbmptn tahun 2017, pihak Kementerian Ristekdikti sudah menganjurkan UNG untuk menerapkan ujian menggunakan tes lewat komputer atau CBT, dimana pihak Kemenristekditi memberikan kuota 200 peserta ujian menggunakan komputer."Akan tetapi melihat kesiapan UNG dalam pelaksanaan ujian SBMPTN berbasis komputer, maka kita mengajukan penambahan kuota menjadi sebanyak 240 peserta ujian berbasis komputer dan Alhamdulillah disetujui oleh Kementerian," ujar Prof. Mahludin.

Menurut Prof. Mahludin, penambahan kuota tersebut dilakukan karena melihat kesiapan infrastruktur UNG khususnya perangkat komputer, dalam menyelenggarakan ujian SBMPTN menggunakan komputer.

Meski telah melakukan penambahan kuota, pihak Kementerian masih mengharapkan UNG untuk dapat melakukan penambahan. Meski begitu kuota 240 peserta ujian menggunakan komputer tergolong cukup banyak dibandingkan dengan Kuota Perguruan Tinggi lainnya.

"Tentunya UNG sudah sangat siap dalam menyukseskan pelaksanaan ujian SBMPTN tahun ini. Selain itu penambahan kuota ujian menggunakan komputer menandakan kesiapan sarana dan prasarana UNG, dalam menghadapi berbagai perkembangan," tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61