UNG Raih Akreditasi B, Setelah 52 Tahun

Oleh: Abdul Wahid Rauf A.Md. . 18 Agustus 2015 . 08:38

 

GORONTALO – Rangkaian visitasi dalam rangkaian akreditasi isntitusi Perguruan Tinggi yang telah dilakukan Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) beberapa waktu lalu, akhirnya mengukuhkan Universitas Negeri Gorontalo sebagai salah satu Universitas terbaik dengan memperoleh akreditasi B. Hasil akreditasi tersebut diungkapan Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, disela-sela upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar Universitas Negeri Gorontalo, Senin (17/8). Di lapangan catur UNG.

“Alhamdulillah UNG berhasil meraih akreditasi B dari BAN-PT, dan akreditasi ini merupakan salah satu bentuk pengakuan bahwa UNG adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia,” ungkap Rektor.

Dijelaskan Rektor, pada akreditasi yang pertama kali dilakukan semenjak berdiri 53 tahun lalu, UNG sukses meraih akreditasi B “gemuk”. Dimana berdasarkan hasil penilaian, kampus merah maron memperoleh nilai 331, hanya terpaut 15 poin saja dari syarat nilai untuk memperoleh akreditasi A. “Dengan terpaut 15 poin saja, menunjukkan bahwa UNG berpotensi besar meraih akreditasi A. Dan ini buah dari kerja keras, dan kekompakan seluruh civitas akademika baik itu para pimpinan, dosen maupun para tenaga kependidikan,” terang Rektor.

Diakui Rektor awalnya, pada akreditasi perguruan tinggi pertama ini dirinya menargetkan untuk bisa memperoleh akreditasi A, karena ia menilai kampus kebanggaan masyarakat Gorontalo ini memang berpotensi untuk meraih akreditas A, akan tetapi keinginan tersebut sedikit terhambat. Hal tersebut dikarenakan saat ini, UNG belum memiliki program studi dengan akreditasi A. Saat ini kata Rektor, seluruh prodi di UNG hanya berakreditasi B dan C tanpa adanya akreditasi A. “Akreditasi A pada prodi adalah satu-satunya hambatan kita untuk bias memperoleh akreditasi A,” jelasnya.Untuk bisa men-support akreditasi A pada akreditasi perguruan tinggi selanjutnya, Rektor menargetkan ditahun ini, minimal 1 prodi disetiap fakultas harus memiliki akreditasi A, dan tidak ada lagi prodi dengan akreditasi C. “Target tersebut harus menjadi perhatian khusus bagi seluruh Fakultas, dan saya minta hal tersebut dapat diseriusi. Karena semakin baiknya akreditasi prodi akan mendukung terwujudnya akreditasi perguruan tinggi yang lebih baik lagi,” pungkas Rektor.

Agenda

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61

30 Januari 2018

Kuliah Umum oleh Ketua Badan Pemeriksa Keuangan RI

Kuliah Umum oleh Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI

15 Januari 2018

Rapat Pembahasan LAKIP akhir tahun 2017

Pembahasan LAKIP akhir tahun 2017 di lingkungan UNG dan rencana program tahun 2018

2 - 12 Januari 2018

Penginputan Jadwal Kuliah

Penginputan Jadwal Kuliah dimulai tanggal 2-12 Januari 2018