UNG Peringkat 47 Webometrics 2015

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 Februari 2015 . 17:36:00

“Tahun 2015 Universitas Negeri Gorontalo berada pada peringkat 47 nasional dan 3348 internasional. Hal ini melewati target yang diancangkan sebelumnya di peringkat 50 nasional. Posisi ini melampaui beberapa universitas di Sulawesi dan di Jawa.”

Pencapaian ini sangat progresif. Berdasarkan rilis di website Webometrics, peringkat pemanfaatan ICT Universitas Negeri Gorontalo naik dari peringkat 82 Indonesia dan 9243 internasional di bulan Juli 2010 menjadi peringkat 60 Indonesia dan 6664 perguruan tinggi internasional di bulan januari 2011. Di bulan Juli 2011.UNG berhasil naik lagi ke peringkat 50 Indonesia dan 5081 tingkat internasional. Namun pada beberapa tahun terakhir peringkat Webometric UNG sempat turun karena terjadinya perubahan parameter penilaian serta semakin banyaknya perguruan tinggi yang juga berlomba-lomba meningkat peringkat webomtric-nya dengan berbagai macam cara untuk mengakali parameter ini.

UNG sendiri juga terus berusaha meningkatkan peringkanya tetapi dengan pola perubahan manajemen informasi sejalan dengan misi webometric untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui publikasi hasil-hasil penelitian dan karya ilmiah di website UNG. Karya-karya ilmiah dan hasil-hasil penelitian Universitas Negeri Gorontalo kini denganmudah bisa didapatkan pada portal repository sehingga hasil menggembirakan terlihat pada bulan januari 2015 dengan meningkatnya peringkat webometric.

Wajar berbangga karena beberapa perguruan tinggi lain seperti Universitas Pendidikan Ganesha, Bali di peringkat 50, Universitas Sam Ratulangi yang berada di peringkat 52, Universitas Negeri Makassar di posisi 70, Universitas Negeri Jakarta di peringkat 94.

Kenaikan UNG yang cukup signifikan ini didorong oleh beberapa parameter antara lain dengan meningkatnya pemakaian blog mahasiswa dan dosen, penggunaan blog sebagai media perkuliahan dan meningkatnya publikasi hasil penelitian (jurnal) yang bisa terdeteksi melalui google.scholar.

Tantangannya adalah website UNG harus aktif di-update, memperkuat link dari website PT yang memiliki peringkat 1-1000 dan memperkuat publikasi ilmiah dari pusat studi yang dipublikasikan.Pemeringkatan ini tentu saja tidak menjadi tujuan dari pemanfaatan ICT di kampus, tetapi sebagai gambaran seberapa besar kontribusi suatu perguruan tinggi dalam dunia pendidikan internasional melalui penggunaan ICT. #

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61