UNG Peringkat 42 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Webometrics

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 5 Februari 2018 . 08:14:00

 

GORONTALO – Universitas Negeri Gorontalo kembali masuk dalam 50 besar sebagai Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia tahun 2018. Pencapaian tersebut berdasarkan hasil pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia versi webometrics yang di-publish bulan Januari 2018 melalui laman http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia, dengan mengukuhkan UNG menduduki peringkat 42 sebagai Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia.

Pencapaian peringkat 42 Perguruan Tinggi terbaik versi webometrich ditahun 2018 tersebut mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Dimana berdasarkan hasil pemeringkatan tahun 2017 UNG hanya bertengger diperingkat 56 Perguruan Tinggi terbaik versi webometrich tahun 2017.

Webometrisc merupakan sistem yang memberikan penilaian terhadap kemajuan universitas sedunia melalui website resminya. Webometrics menilai universitas-universitas menggunakan presence (20%), impact (50%), openness (15%), dan excellence (15%).

Presence (20%) merupakan jumlah halaman web host pada webdomain utama (termasuk subdomain dan direktori) dari universitas yang diindeks oleh mesin pencari Google. Untuk Impact (50%) merupakan kualitas konten dengan menghitung semua external inlinks yang diterima oleh webdomain universitas dari pihak ketiga.

Untuk Openness (15%) merupakan jumlah file dokumen seperti Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) dan Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang terindeks mesin pencari (Google Scholar). Sedangkan Excellence (15%) merupakan jumlah publikasi artikel ilmiah perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Google Scholar atau mesin pencari yang menjadi indikator penilaian webometrics.

Kelapa Subbagian Hukum dan Humas UNG Lenny DJ Muda, SH, menjelaskan, untuk pemeringkatan Perguruan Tinggi terbaik se Indonesia versi webometrich ditahun 2018, UNG mengalami peningkatan 14 peringkat dari tahun sebelumnya menjadi peringkat 42.

“Ada lebih dari 20.000 perguruan tinggi di dunia dari 200 negara yang dinilai Webometrics, dan Alhamdulillah untuk Indonesia UNG berhasil bertengger diposisi 42 Perguruan Tinggi se Indonesia,” Jelasnya.

Menurut Lenny, pencapaian peringkat webometrich diawal tahun dapat menjadi pelecut semangat bagi UNG untuk dapat terus meningkatkan kualitas dalam menyongsong tahun 2018 dalam memperkuat terwujudnya visi dan misi UNG. “Insyaallah kedepan UNG dapat terus berkembang melalui pretasi dan kualitasnya,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61