UNG Miliki Korps PMI

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 13 Desember 2015 . 08:58:00

 

UNG (HUMAS) – Relawan merupakan garda terdepan Palang Merah (PMI) yang memiliki peran yang sangat penting dalam perjalanan organisasi ini. Hal inilah yang melatarbelakangi pembentukkan serta perekrutan anggota KSR PMI Unit Universitas di UNG.

“Perlu disadari, PMI bukan hanya mengenai donor darah saja melainkan hal lain yang lebih penting yakni tentang kemanusiaan dan tentang menyelamatkan nyawa” ungkap Direktur PKM UNG Irwan Yantu, S.Pd, M.Si dalam sambutannya pada kegiatan Orientasi Pembentukan Korps Sukarela Unit Universitas Negeri Gorontalo pada Sabtu (12/12) kemarin.

Irwan menuturkan, KSR Unit UNG yang 15 tahun sebelumnya pernah terbentuk ini disambut baik oleh pihak universitas karena menurutnya hal ini sangat mendukung program pembinaan mahasiswa baru yang menitikberatkan pada pembentukan karakter.

“Nantinya kalau PMI Unit ini sudah terbentuk maka kita akan masukkan dalam salah satu unit kegiatan mahasiswa”, ungkapnya.

Wujud dukungan pihak universitas katanya “bahkan kantornya atau sekretariatnya sudah kita siapkan”. Ia berharap kedepan kerjasama antara pihak PMI dan UNG dapat berkelanjutan.

Wakil Sekretaris PMI Kota Gorontalo, Roy Asona dalam kesempatan yang sama menjelaskan “pembentukkan Korps Sukarela merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa yang memiliki integritas sosial yang tinggi dan peduli terhadap bencana, serta konteks sosial yang ada disekitar kita”.

Menurutnya pembentukan KSR merupakan salah satu tugas dan fungsi PMI Kota Gorontalo untuk membangun infrastruktur sosial ditingkat mahasiswa. Ia mengatakan terdapat empat poin yang menjadi program nasional PMI yakni membangun infrastruktur sosial, siaga bencana, donor darah, serta aksi sosial. Ia menjelaskan, suplay darah yang ada di PMI setiap bulannya hanya mencapai 500 kantong lebih, sementara kebutuhan darah di Kota Gorontalo mencapai sekitar 1000 kantong perbulannya sehingga kekurangan ini harus ditutupi melalui berbagai agenda.

“Selama kita dilatih menjadi Korps PMI 2014 lalu, sudah hampir enam kali melakukan donor darah di UNG, kami memberi apresiasi yang tinggi atas hal tersebut ” katanya.

Menurut Ketua Panitia kegiatan Rivan Mantulangi, Peserta kegiatan Orientasi Pembentukan Korps Sukarela Unit Universitas Negeri Gorontalo ini diikuti oleh mahasiswa perwakilan 10 fakultas dimana setiap fakultas diwakili 3 orang delegasi. Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari. (susan)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61