UNG Menuju Pengelolaan Arsip Profesional

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 11 Oktober 2018 . 10:07:49

 

GORONTALO - Pengelolaan arsip terus gencar dipermantap oleh UPT. Kearsipan sebagai upaya mewujudkan pengelolaan arsip yang baik dan profesional. Selelah sebelumnya melakukan Sosialisasi Pengelolaan Arsip, kali ini UPT. Kearsipan fokus dalam penguatan pengelolaan arsip melalui Workshop Instrumen Kearsipan Perguruan Tinggi, Minggu (8/10), di Arthama Hotel Makassar.

Kepala UPT. Kearsipan UNG Dra. Masita Kadir, M.Pd, menjelaskan, melalui workshop UPT. Kearsipan berupaya memperkuat kualitas pengelolaan arsip melalui penguatan instrumen-instrumen ysng berkaitan langsung dengan pengelolaannya. Baik itu menyangkut instrumen klasifikasi arsip, standar operasioan pelaksanaan arsip serta pengelolaan tata naskah dinas di lingkungan UNG.

Rektor UNG Prof. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, memberikan dukungan atas konsistensi UPT. Kearsipan dalam memperkuat eksistensi pengelolaan arsip di UNG. Menurut Rektor pengelolaan arsip tidak hanya penting untuk pribadi maupun institusi. Karena arsip dapat dimaknai sebagai penyimpan jejak sejarah.

"Pengelolaan arsip itu penting karena manfaanya ysng begitu besar bagi institusi. Olehnya dibutuhkan pengelola yang telaten dan ahli untuk mengelola penyimpanan dan mengklarifikasinya," terang Rektor.

 

 

Dalam kesempatan tersebut Rektor mendorong UPT. Kearsipan UNG untuk dapat menerapkan pengelolaan arsip yang lebih dinamis, sesuai dengan perkembangan jaman khususnya dalam pemanfaatan teknologi.

"Dengan memanfaatkan teknologi diharapkan saling terkoneksi dengan seluruh unit, sehingga pengelolaan serta pemanfaatan dokumen arsip akan lebih muda. Dan sudah seharusnya UNG menuju kearah itu," harapnya.

Pelaksanaan Workshop instrumen kearsipan perguruan tinggi di lingkungan UNG menghadirkan pemateri dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yakni Nani Suryani selaku Kepala Sub Bagian Persuratan dan Kearsipan. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61