UNG Launching Aplikasi m-OPAC

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 Desember 2015 . 10:31:09

 

GORONTALO – Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Gorontalo terus memaksimalkan perkembangan Teknologi Informasi dalam mendukung fungsi perpustakaan sebagai jantung perguruan tinggi. Setelah sebelumnya mempelopori pemanfatan SMART Card Library, kali ini Perpustakaan UNG meluncurkan aplikasi Mobile Online Public Access Catalog (m-OPAC), Kamis (3/12).

Direktur Perpustakaan Pusat UNG Dr. Arifin Tahir, M.Si, mengatakan penerapan m-OPAC merupakan salah satu program unggulan dari Perpustakaan dalam memberikan kemudahan kepada mahasiswa mengakses daftar bahan bacaan yang dimiliki Perpustakaan UNG. Salah satu keunggulan utama aplikasi ini kata Arifin, yakni berbasis mobile sehingga bisa dimanfaatkan mahasiwa dengan menggunakan perangkat smart phone yang dimiliki.

“Dengan aplikasi ini mahasiswa bisa mengakses kapan dan dimana saja seluruh daftar bahan bacaan yang dimiliki perpustkaan. Sehingga mahasiswa tidak perlu lagi datang langsung ke Perpustakaan untuk mengetahui informasi katalog buku,” ungkap Arifin.

Dijelaskan Arifin, sebelum memanfaatkan m-OPAC Perpustakaan UNG telah terlebih dahulu memaksimalkan aplikasi OPAC, namun masih berbasis jaringan lokal perpustakaan. Sehingga mahasiswa diwajibkan untuk datang langsung ke Perpustakaan, untuk mengecek ketersediaan buku yang ingin dibaca.

“Kekurangan dari sistem sebelumnya terus memotivasi kami dalam melakukan penyempurnaan dalam mendukung fungsi perpustakaan. Insya Allah inovasi dalam pemanfaatan IT dalam mendukung fungsi perpustakaan akan dilakukan secara terus-menerus,” terang Arifin.

Kegiatan yang dipusatkan di Perpustakaan Pusat UNG, turut dirangkaikan dengan Workshop Senayan Library Managemen System (SLiMS) 8 Akasia yang diikuti perwakilan pustakawan dari sejumlah Perguruan Tinggi dan Sekolah di Provinsi Gorontalo. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61