UNG Launching Aplikasi m-OPAC

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 Desember 2015 . 10:31:09

 

GORONTALO – Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Gorontalo terus memaksimalkan perkembangan Teknologi Informasi dalam mendukung fungsi perpustakaan sebagai jantung perguruan tinggi. Setelah sebelumnya mempelopori pemanfatan SMART Card Library, kali ini Perpustakaan UNG meluncurkan aplikasi Mobile Online Public Access Catalog (m-OPAC), Kamis (3/12).

Direktur Perpustakaan Pusat UNG Dr. Arifin Tahir, M.Si, mengatakan penerapan m-OPAC merupakan salah satu program unggulan dari Perpustakaan dalam memberikan kemudahan kepada mahasiswa mengakses daftar bahan bacaan yang dimiliki Perpustakaan UNG. Salah satu keunggulan utama aplikasi ini kata Arifin, yakni berbasis mobile sehingga bisa dimanfaatkan mahasiwa dengan menggunakan perangkat smart phone yang dimiliki.

“Dengan aplikasi ini mahasiswa bisa mengakses kapan dan dimana saja seluruh daftar bahan bacaan yang dimiliki perpustkaan. Sehingga mahasiswa tidak perlu lagi datang langsung ke Perpustakaan untuk mengetahui informasi katalog buku,” ungkap Arifin.

Dijelaskan Arifin, sebelum memanfaatkan m-OPAC Perpustakaan UNG telah terlebih dahulu memaksimalkan aplikasi OPAC, namun masih berbasis jaringan lokal perpustakaan. Sehingga mahasiswa diwajibkan untuk datang langsung ke Perpustakaan, untuk mengecek ketersediaan buku yang ingin dibaca.

“Kekurangan dari sistem sebelumnya terus memotivasi kami dalam melakukan penyempurnaan dalam mendukung fungsi perpustakaan. Insya Allah inovasi dalam pemanfaatan IT dalam mendukung fungsi perpustakaan akan dilakukan secara terus-menerus,” terang Arifin.

Kegiatan yang dipusatkan di Perpustakaan Pusat UNG, turut dirangkaikan dengan Workshop Senayan Library Managemen System (SLiMS) 8 Akasia yang diikuti perwakilan pustakawan dari sejumlah Perguruan Tinggi dan Sekolah di Provinsi Gorontalo. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0