UNG Laksanakan KKS Tematik Desa Tangguh Bencana

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 April 2018 . 08:55:57

560 Mahasiswa Akan Berperan Sebagai Agen Tangguh Bencana

 

GORONTALO – Sebanyak 560 Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo akan siap terjun ke masyarakat, guna mewujudkan masyarakat tangguh bencana. Para mahasiswa tersebaik tersebut akan mengabdikan dirinya melalui program Kuliah Kerja Sibermas Tematik Desa Tangguh Bencana (KKS Tematik Destana), dengan terjun langsung di 60 Desa yang tersebar di Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Gorontalo.

Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat yagn membawahi program KKS UNG Raflin Hinelo, S.Pd, M.Si, mengungkapkan, pelaksanaan program KKS Tematik Destana merupakan program pengabdian masyarakat dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia (BNPB Indonesia), yang dimotori langsung oleh BPBD Prov. Gorontalo dan BPBD Kab/Kota.

“Pelaksanaan KKS Tematik Destana akan dilaksanakan UNG dalam 3 tahapan, dan program ini nantinya akan bersentuhan langsung dengan masalah-masalah kebencanaan di Desa tujuan,” ungkap Raflin.

Menurut Raflin ada beberapa output utama yang ingin dicapai UNG dalam pelasanaan KKS Tematik Destana. Yakni tersosialisasinya pelaksanaan tangguh bencana dengan membangun karakter masyarakat, membentuk forum Desa tanguh bencana dan relawan tanggun bencana, kemudian melakukan pemetaan deerah rawan bencana di Gorontalo serta analisi bencana, serta bagaimana membangun karateristik dan kehidupan masyarakat ditengah daerah bencana.

Lebih lanjut dijelaskan Raflin, KKS Tematik Destana tidak akan fokus pada bagaimana menanggulangi bencana. Namun lebih kepada membina masyarakat dengan membangun karakter, jiwa dan raganya untuk tangguh dalam menghadapi bencana.

"Bencana alam merupakan hal yang tidak bisa dipungkiri, namun yang perlu dilakukan adalah bagaimana mempersiapkan ketangguhan masyarakat meliputi karakter dan psikologi dalam menghadapai berncana, baik itu saat terjadi maupun setelah terjadi bencana,” terangnya.

Sementara itu Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNG Prof. Dr. Fenty Puluhulawa, SH, M.Hum, mengharapkan para mahasiswa KKS Tematik Destana dapat menjalankan perannya sebagai agen masyarakat tangguh bencana. Selain itu juga dapat memberikan pemahaman akan menghadapi bencana melalui berbagai program kerja yang diusung. (**)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61